Makassar (ANTARA News) - Permintaan songkok gaul atau distro sepanjang bulan suci Ramadhan meningkat dua kali lipat.

"Permintaan songkok yang memiliki tagline unik ini, naik dua kali lipat dibandingkan permintaan pada periode Ramadhan tahun lalu," kata pengelola industri rumah tangga, Damis di Makassar, Minggu.

Menurut dia, kalau Ramadhan tahun lalu rata-rata permintaan songkok gaul ini sebanyak tujuh kodi per hari. Sedang pada Ramadhan kali ini mencapai 14 kodi per hari.

Dia mengatakan, pesanan songkok dengan tagline sinetron, film kartun atau negara favorit pada ajang Piala Dunia 2016, umumnya untuk memenuhi kebutuhan lokal.

"Selain itu, juga dikirim ke Kabupaten Bone, Palu, Sulawesi Tengah hingga ke daerah perbatasan antarnegara yakni di Tawawo di Kalimantan," ujarnya.

Sementara untuk penjualan satu kodi songkok gaul, diakui dijual Rp315 ribu hingga Rp320 ribu. Namun jika sudah sampai di tingkat pengecer, rata-rata dijualkan seharga Rp35 ribu per songkok.

Hal itu diakui salah seorang pedagang di pelataran Masjid Al Markaz Al Islamy - Jenderal M Jusuf, Rahmat.

Dia mengatakan, peminat songkok gaul ini mulai meningkat pada pertengahan Ramadhan dan puncaknya pada H-7 hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Songkok gaul ini umumnya untuk pasaran anak-anak dan remaja yang memilih songkok bertuliskan misalnya spiderman, Bobo boy dan Upin Ipin," katanya.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016