Jakarta (ANTARA News) - Anggota MPR RI, Ahmad Basarah menyebut sosialisasi Empat Pilar penting diberikan bagi generasi muda di tengah dua ancaman besar ideologi dunia terhadap Pancasila. Ke dua ideologi itu, lanjut Basarah, adalah fundamentalisme agama dan fundamentalisme pasar.

"Ideologi fundamentalisme agama berwujud radikalisme agama yang bentuk paling ekstrimnya adalah aksi terorisme. Sementara fundamentalisme pasar berwujud penjajahan bentuk baru di berbagai bidang kehidupan yang pada intinya menjadikan Indonesia sebagai tempat pengerukan sumber daya ekonomi," ujar dia di Depok, Jabar, seperti dalam keterangan tertulis MPR, Minggu.

Basarah mengatakan, dalam menghadapi ancaman tersebut, diperlukan persatuan seluruh anak bangsa termasuk di dalamnya adalah persatuan Islam dan nasionalis.

"Persatuan nasional itulah kunci tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia," tutur dia.

Pancasila merupakan ekstraksi dari Kebangsaan dan Ke-Islaman, sehingga memang sudah menjadi tugas generasi mudak khususnya mahasiswa melakukan upaya radikalisasi Pancasila menghadapi ancaman-ancaman terhadap negara.

"Oleh karena itu, upaya memecah belah Islam dan Nasionalis harus dipandang sebagai upaya merongrong Ideologi Pancasila itu sendiri," pungkas Basarah.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016