Jakarta (ANTARA News) - Tidak ada yang lebih menyebalkan dibandingan melihat pesan "Memori yang tersedia tidak mencukupi" muncul di layar iPhone Anda ketika Anda mencoba mengambil foto atau mengunduh aplikasi.

Sebenarnya, hal yang menyebalkan adalah harus terus menghapus foto-foto lama dan aplikasi untuk membebaskan ruang penyimpanan.

Untungnya, sejumlah orang di situs teknologi Reddit baru-baru ini menemukan trik yang akan membuka ruang penyimpanan di ponsel Anda, tanpa perlu menghapus apa-apa. Berikut langkah-langkahnya, seperti dilansir dari laman Men's Health.

1. Buka Settings> General> About untuk melihat berapa banyak penyimpanan yang tersedia yang Anda miliki.

2. Selanjutnya, buka iTunes Store dan cari versi HD dari film keluaran 1956 "War and Peace". Klik pilihan "Rent".

Jika Anda memiliki memori penyimpanan kurang dari 8.86 GB, Anda tidak akan mampu untuk menyewa film. Jadi Anda akan melihat pesan: "Memori yang tersedia tidak mencukupi untuk mengunduh War and Peace. Anda dapat mengatur memori Anda di Settings".

(Hal ini juga berlaku pada film lain yang memiliki ukuran file yang besar. Semakin lama, semakin baik, trilogi Lord of the Rings, misalnya.)

3. Keluar dari pesan tersebut dan tunggu sekitar 20 detik. Sekarang, kembali ke Settings> General> About dan periksa penyimpanan Anda.

Anda akan melihat memori penyimpanan yang tersedia bertambah 500 megabyte (MB).

4. Sekarang, ulangi langkah #2 dan #3.

Saat tim ANTARA News mencoba, memori penyimpanan meningkat hingga 2,5GB.

Terus ulangi langkah ini untuk membersihkan ruang penyimpanan Anda, namun berhentilah tepat sebelum Anda memiliki cukup riang untuk mengunduh film itu (kecuali Anda benar-benar ingin menontonnya).

Bagaimana ini bisa terjadi? Ketika Anda mencoba mengunduh file berukuran besar, iPhone Anda akan menghapus cache dan cookie pada background yang tidak Anda perlukan lagi, demikian Men's Health.


Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016