Jakarta (ANTARA News) - Albania menempati posisi tiga klasemen akhir Grup A Euro 2016 usai menekuk Rumania dengan skor 1-0 di Stade de Lyon, Prancis, Senin dini hari WIB.

Albania yang kalah pada dua pertemuan pertama pada Euro 2016 akhirnya mengemas gol pertama sekaligus kemenangan perdana pada turnamen ini. Albania masih bisa lolos ke 16 besar jika menjadi salah satu dari empat peringkat tiga terbaik, sedangkan pasukan Anghel Iordanescu dipastikan tersingkir dari Euro 2016.

Gol tunggal kemenangan Albania diciptakan Armando Sadiku setelah menerima umpan dari sisi kanan pada akhir babak pertama. Ini adalah gol pertama Albania pada putaran final Piala Eropa.

Statistik UEFA mencatat Rumania unggul penguasaan bola dengan 59 berbanding 41 persen. Namun Albania tampil efektif dengan torehan satu gol dari tiga sepakan, sementara Rumania melepaskan lima sepakan.

Rumania menciptakan peluang pertama lewat sepakan jarak jauh Hoban yang ditepis menggunakan tangan kiri oleh kiper Albania Berisha .

Albania juga menciptakan peluang matang lewat serangan balik yang dilancarkan Lenjani dari sisi kanan pada menit 23. Skor 1-0 bertahan hingga jeda babak pertama.

Pada awal babak kedua Rumania memasukkan gelandang serang Lucian Sanmartean untuk menggantikan Prepelita guna menambah kreativitas lini tengah.

Namun Albania yang tampil tanpa beban kembali mendapatkan peluang lewat sepakan Memushaj namun berhasil dihentikan Tatarusanu pada menit 63.

Gabriel Torje yang masuk sebagai pengganti Alibec langsung membahayakan gawang Albania pada menit 70 lewat aksi dari sisi kanan, namun tidak juga menghasilkan gol.

Sebaliknya, Rumania nyaris menyamakan kedudukan lewat sepakan keras Andone, namun upaya penyerang klub Cordoba itu membentur tiang pada menit 76.

Mavraj hampir menggandakan keunggulan untuk Albania jika sepakannya tidak melenceng ke sisi kanan gawang Rumania pada menit 86. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Ini adalah kekalahan pertama Rumania dari Albania setelah tak terkalahkan pada delapan pertemuan kompetitif mereka. Albania pernah dua kali menahan seri Rumania yang salah satunya terjadi pada penyisihan Euro 2012.

Berikut susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Rumania (4-2-3-1):
Tatarusanu (G), Sapunaru, Matel, Chiriches, Grigore, Hoban, Prepeliţa (Sanmartean), Stanciu, Stancu, Popa (Andone), Alibec (Torje).
Pelatih: Anghel Iordanescu

Albania (4-3-3): Berisha (G), Agolli, Hysaj, Mavraj, Arlind Ajeti, Basha, Abrashi, Memushaj, Lila, Lenjani (Roshi), Sadiku (Bekim Balaj).
Pelatih: Giovanni De Biasi

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016