Pontianak (ANTARA News) - Empat orang penumpang kapal nelayan Anita Mitra Jaya asal Pontianak selamat setelah berenang selama tiga setengah jam sejauh 3 mil dari bibir pantai.

"Untuk kronologi kejadiannya, berdasarkan keterangan dari salah stau nelayan yang berhasil selamat, pada Sabtu kemarin, sekitar pukul 13.00, kapal yang mereka tumpangi tenggelam di perairan Muara Bunga dengan titik koordinat 0020 313 S-109 03 709 E," kata Dirpolair Polda Kalimantan Barat AKBP Badarudin di Pontianak, Senin.

Dia menjelaskan, saat sedang berlayar, kapal itu diterjang ombak setinggi 5 sampai 6 meter sehingga bocor hingga tengglam.

Kapal itu dikemudikan Wanto (42 tahun) dengan tiga ABK, yakni Agus (30 tahun), Budiman (36 tahun) dan Nadiman (36 tahun).

Setelah kapal itu bocor, lanjut Badarudin, para penumpang mencoba menyelamatkan diri dengan berenang sejauh kurang lebih tiga mil kearah pesisir pantai terdekat.

Usaha kerasmereka  berhasil setelah diselamatkan oleh kapal nelayan Sinar laut yang dinakhodai A Cok pada pukul 16.30 Sabtu kemarin, setelah hampir tiga setengah jam berenang.

"Sementara ini mereka dan kapalnya sudah diamankan di KP Karimata 3003 DUM," katanya.

Badarudin mengimbau kepada para belayan untuk tidak melaut jika cuaca tidak memungkinkan karena akan membahayakan keselamatan.



Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016