Jakarta (ANTARA News) - Cleveland Cavaliers menjadi juara baru NBA setelah merebut Game 7 dengan 93-89 dari Golden State Warriors sehingga menuntaskan Final NBA dengan 4-3, Senin pagi WIB ini.

Berikut profil singkat Cleveland Cavaliers, seperti dikutip Reuters.

- Juara NBA: Satu kali (2016)
- Bergabung dengan NBA pada 1970 setelah peserta kompetisi ditambah, bersama dengan Buffalo Braves dan Portland Trail Blazers.
- NBA melembagakan apa yang disebut "Aturan Stepien" menyusul kecenderungan Ted Stepien untuk membarter pemain draft teratas selama masa tiga tahunnya yang sulit sebagai pemilik Cavaliers pada awal 1980-an.
- Cavaliers adalah tim yang berada di sisi tim yang kalah dari "The Shot", julukan untuk pertandingan seri playoff di mana Michael Jordan mencatat lemparan kemenangan terbanyak pada seri playoff perempatfinal Wilayah Timur 1989 yang menjadi salah satu pertandingan paling sering ditayangkan ulang dalam sejarah NBA.
- Cavaliers pernah mencatat 26 kali kalah berturut-turut pada musim 2010-2011 yang menjadi rekor kekalahan berturut-turut paling banyak dalam sejarah olah raga profesional besar Amerika Utara.
- Tim ini memanfaatkan pilihan pertama pada Draft NBA 2003 dengan mencomot LeBron James yang memiliki rata-rata 20,9 poin, 5,5 rebound dan 5,9 assist per pertandingan dalam debutnya dan dinobatkan sebagai Rookie of the Year NBA saat itu.
- Cleveland menjadi tim pertama yang memilih pemain Kanada pada draft pertamanya dengan merekrut Anthony Bennett pada 2013.
- James akhirnya memimpin Cavaliers ke lima babak playoff berturut-turut, termasuk Final NBA 2007, namun dia meninggalkan Cleveland sebagai pemain bebas kontrak pada 2010 untuk bergabung dengan Miami Heat di mana dia dua kali mengantarkan tim ini menjadi juara NBA.
- James bergabung kembali dengan Cavaliers pada 2014 sebagai pemain yang jauh lebih tangguh ketimbang saat menjadi pemain yang meninggalkan tim ini pada 2010 dan mengembalikan relevansi tim setelah empat musim berturut-turut tersisih.
- Catatan musim reguler 2015-16: 57-25
- Perjalanan menuju Juara NBA 2016: Juara Divisi Tengah; Mengalahkan Detroit Pistons 4-0 pada perempatfinal Wilayah Timur; mengalahkan Atlanta Hawks 4-0 pada semifinal wilayah; mengalahkan Toronto Raptors 4-2 pada final wilayah; mengalahkan Golden State Warriors 4-3 pada Final NBA.
- Cavaliers adalah tim pertama yang bangkit setelah tertinggal 1-3 untuk memenangkan Final NBA.
- Pelatih kepala: Tyronn Lue menjadi pelatih kepala aktif keenam dengan cincin juara NBA menyusul sukses 2016.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016