Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyampaikan rasa duka mendalam kepada para korban dan masyarakat di Jawa Tengah menyusul musibah banjir dan tanah longsor yang melanda daerah itu pada Sabtu (18/6) lalu.

"Kepada para keluarga korban yang meninggal dunia, saya mengucapkan rasa bela sungkawa yang sedalam-dalamnya, dan kepada keluarga korban yang menderita luka-luka," ujar dia seperti dalam keterangan tertulis MPR, Senin.

Dia berharap, korban yang sempat dinyatakan hilang bisa ditemukan dengan selamat sehingga bisa kembali kepada keluarganya. "Saya menyampaikan rasa simpati yang mendalam dan berdoa semoga cepat sembuh, serta kepada keluarga korban yang masih dinyatakan hilang semoga bisa cepat ditemukan dengan selamat," kata Zulkifli.

Sebelumnya seperti diberitakan, sejumlah daerah di Jawa Tengah mengalami bencana banjir bandang dan tanah longsor akibat hujan deras yang mengguyur sepanjang akhir pekan dan makin deras sejak Sabtu siang (18/6) sampai malam hari.

Sekitar 16 Kabupaten dan kota antara lain Purworejo, Banjarnegara, Kendal, Sragen, Purbalingga, Banyumas, Sukoharjo, Kebumen, Wonosobo, Pemalang, Klaten, Magelang, Wonogiri, Cilacap, Karanganyar, dan Kota Solo terkena dampak bancana paling parah. Karena bencana ini puluhan warga menjadi korban. Hingga Senin (20/9) dikabarkan jumlah korban jiwa, luka maupun hilang masih bertambah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa pihaknya berama BPBD sedang memprioritaskan evakuasi serta penanganan warga yang terdampak serta pemenuhan logistik serta tenda pengungsian.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016