....Semua fraksi-fraksi sepakat mendukung fit and proper test Tito."
Jakarta (ANTARA News) - Komisi III DPR RI menargetkan pada Kamis akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper tes) pada Tito Karnavian untuk jabatan Kapolri serta mengumumkan hasilnya di hari yang sama.

Sesuai rencana, setelah pengajuan calon Kapolri dibacakan saat Rapat Paripurna hari ini, DPR melanjutkan pembahasannya di Badan Musyawarah (Bamus).

Setelah itu, Komisi III akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan sesuai ketentuan undang-undang.

"Tadi Komisi III mendapat tugas dari Badan Musyawarah (Bamus) mengagendakan fit and proper test calon Kapolri. Kami sudah memutuskan hari ini akan memulai memasang pengumuman di media cetak. Selasa besok akan mengundang PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan), KPK, Komisi Kepolisian Nasional untuk mendapat masukan atas rekam jejak Tito," ujar Ketua Komisi III Bambang Soesatyo di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin.

"Selanjutnya Rabu (22/6) diagendakan berkunjung ke kediaman yang bersangkutan. Kamis paginya baru kita laksanakan fit and proper test jam 10.00. Jam 16.00 sudah tuntas. Malamnya jam 20.00 kita mengambil keputusan," tambah Bambang.

Dia mengatakan, Selasa (28/6) pekan depan, DPR akan membawa hasil keputusan uji kepatutan dan kelayakan Tito dalam Rapat Paripurna.

"Selasa sudah bisa kita bawa ke Rapat Paripurna, hari terakhir menjelang libur panjang Lebaran. Saya lihat tidak ada hambatan untuk Tito. Semua fraksi-fraksi sepakat mendukung fit and proper test Tito," kata dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016