Boyolali (ANTARA News) - Kepolisian Resor Boyolali melakukan evakuasi terhadap seorang pencuri yang tewas karena terjun ke dalam jurang setinggi sekitar 200 meter di Dukuh Gumuk Desa Mriyan Kecamatan Musuk, Senin,.

Menurut Kepala Polres Boyolali AKBP M Agung Suyono melalui Kasat Reskrim AKP Muhammad Kariri, seorang pencuri sepeda motor yang tewas karena terjun ke jurang di Mriyan Musuk itu, yakni Mujiono alias Pitik (26) warga Tulung, Klaten, sedangkan satu lainnya Thomas Septiyanto alias Dimas (26) warga Tanjungsari, Banyudono, Boyolali selamat dan diamankan

Menurut Muhammad Kariri, pihaknya sedang melakukan evakuasi jasad pelaku yang nekat terjun ke jurang berkedalaman sekitar 200 meter itu, sedangkan satunya sempat dihajar massa warga kini diamankan di Polsek Musuk untuk pemeriksaan.

Kariri mengatakan peristiwa pencurian sepeda motor tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WIB, kedua pelaku dengan mengendarai sepeda motor Honda Beat itu, mencuri kendaraan Honda Vario milik korban Juli (36) warga Dukuh Gumuk, Desa Mriyan.

Kedua pelaku mencuri sepeda motor korban yang sedang diparkir di jalan dengan kunci kontak masih tergantung. Korban saat itu, sedang menyemprot obat tanaman tembakau di ladangnya di Dukuh Songgobumi, Desa Mriyan atau tidak jauh dari sepeda motornya diparkir.

Menurut Kariri, kedua pelaku yang diketahui sebagai residivis tersebut langsung membawa kabur sepeda motor korban. Namun, korban yang melihat langsung berteriak meminta tolong.

Kedua pelaku berusaha kabur ke arah bawah lereng Merapi, tetapi keduanya sudah dihadang oleh massa di Dukuh Montong, Desa Mriyan. Kedua pelaku langsung berhenti dan berbalik arah meninggalkan kendaraan hasil curian, dan keduanya kabur dengan berboncengan ke arah naik gunung.

Namun, sepeda motor yang dikendari kedua pelaku tidak kuat naik jalan tanjakan, dan tersangka Thomas turun dari motor berusaha melarikan diri. Thomas akhirnya ditangkap massa dan dihajar hingga babak belur.

Satu pelaku lainnya, Mujiono yang berusaha kabur dengan kendaraannya ke arah atas tetap dikejar oleh warga. Pelaku akhirnya meninggalkan kendaraannya dan terjun ke dalam jurang hingga tewas di lokasi kejadian akibat lukanya diduga terbentur batu. Warga yang sempat marah kemudian membakar sepeda motor pelaku yang ditinggalkan di lereng gunung.

"Kami sudah mengamankan pelaku Thomas, sedangkan jasad Mujiono sedang dievaluasi dari jurang," katanya.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016