Karawang (ANTARA News) - Komisi IV DPR RI dan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana beserta sejumlah organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Karawang, Jawa Barat, memantau harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Pasar Johar Karawang, Jabar, Senin.

Rombongan Komisi IV DPR mengunjungi beberapa lapak pedagang, mulai dari pedagang beras, bahan pangan, sayuran hingga kios daging di Pasar Johar Karawang.

Hasil pantauan tersebut diketahui terjadi kenaikan harga seperti daging sapi, daging ayam, ikan, dan lain-lain.

Untuk harga ikan mengalami kenaikan sekitar 10-20 persen. Sedangkan harga daging sapi lokal di kisaran Rp120-130 ribu per kilgram, dan untuk harga ayam broiler Rp26.000 per kilgram.

Selain terjadi kenaikan harga, terjadi pula penurunan harga sayuran seperti cabe dan bawang merah. Seperti harga cabe rawit merah yang sebelumnya Rp18.000 per kilogram kini turun menjadi Rp15.000 per kilogram.

Kemudian harga bawang merah yang sebelumnya Rp27.000 per kilogram turun menjadi Rp. 26.000 per kilogram.

Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo mengatakan, dalam kunjungannya ke Pasar Johar Karawang, ditemukan beberapa barang yang teridentifikasi mengandung bahan aktif seperti formalin dan boraks.

Bahan berbahaya itu ssendiri terkandung pada makanan jenis mie curah dan juga kikil sapi.

"Saya mengusulkan agar Pemkab Karawang membentuk badan litbang khusus beras yang gunanya sebagai badan pengawas alur beras yang ada di Karawang. Itu penting agar harga beras terkendali," kata dia.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016