Samarinda (ANTARA News) - Bhayangkara Surabaya United meraih poin sempurna setelah mempermalukan tuan rumah Persiba Balikpapan dengan skor 2-0 pada pertandingan lanjutan Torabika Soccer Championship 2016 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin malam.

Dua gol Surabaya United tercipta pada babak kedua, masing-masing melalui tendangan bebas M Hargianto pada menit ke-85, dan mantan kapten Timnas U-19 Evan Dimas Darmono pada "injury time" (90+2).

"Target kami memang mencuri poin dan saya berterima kasih serta hormat sekali kepada para pemain yang tampil sangat maksimal malam hari ini. Anak-anak pantang menyerah dengan kondisi sedang puasa," kata pelatih Bhayangkara Surabaya United Ibnu Grahan, usai pertandingan.

Kemenangan di kandang "Beruang Madu" membawa Otavio Dutra dan kawan-kawan naik ke peringkat lima klasemen sementara TSC 2016 dengan nilai 11, hasil dari tiga kali menang, dua kali imbang dan dua kali kalah.

Sedangkan Persiba Balikpapan yang baru mengoleksi nilai 5 dari tujuh pertandingan masih tertahan di posisi ke-16.

Bermain di hadapan pendukungnya, Persiba yang menargetkan kemenangan keduanya di kandang, tampil ngotot sejak menit awal, tetapi peluang dari Vinicius Dos Santos masih melambung di atas mistar gawang Wahyu Tri Nugroho.

Surabaya United membalas lewat serangan balik, tetapi tandukan Otavio Dutra masih bisa ditangkap kiper Alfonsius dan babak pertama berakhir tanpa ada gol tercipta.

Memasuki babak kedua, anak-anak Persiba kembali mengambil inisiatif serangan, namun lagi-lagi bola tendangan penyerang Heri Susanto mudah ditebak kiper Wahyu Tri Nugroho.

Pertahanan rapat dan disiplin dari Surabaya United, membuat serangan tuan rumah sering kandas, ditambah penampilan striker Vinicius Dos santos yang tidak bisa bergerak leluasa karena penjagaan ketat oleh Otavio Dutra.

Petaka Persiba datang pada menit ke-85, ketika kiper Alfonsius Kelvan secara tidak sengaja melempar bola dengan salah satu kakinya melewati garis kotak penalti.

Kesempatan mendapat tendangan bebas tidak disia-siakan Muhamad Hargianto yang berhasil mengeksekusi bola ke dalam gawang Persiba untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Pada sisa waktu jelang babak kedua berakhir, Persiba makin gencar menekan, namun serangan tidak menemui target. Justru tim tamu mampu menambah keunggulan melalui serangan balik.

Gelandang Timnas Indonesia Evan Dimas Darmono menggiring bola dari tengah lapangan dan mengecoh kiper Alfonsius Kelvan untuk membawa timnya unggul 2-0.

"Secara permainan, kami mendominasi pertandingan sejak awal. Apa pun hasilnya, saya tidak pernah komentar soal wasit, tapi untuk malam ini saya sangat keberatan dan akan melaporkan kejadian ini," ujarnya lagi.

Pewarta: Didik/Rendy
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016