Jakarta (ANTARA News) - Meskipun persaingan ketat, Spotify tetap menjadi pemimpin di streaming musik. Perusahaan asal swedia itu mengumumkan bahwa saat ini telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif.

Tentu saja, sebagian besar pengguna menggunakan layanan gratis, lengkap dengan komersial sesekali di sela lagu. Meski demikian Spotify mengklaim 30 juta dari penggunanya membayar untuk layanan premium.

Lebih lanjut, jika kecenderungan saat ini terus naik, Spotify dapat bernapas lega. Pasalnya saingan terdekatnya, Pandora, saat ini memiliki 80 juta pengguna.

Namun, jika melihat pada skala yang lebih luas, perlu dicatat bahwa terdapat banyak kekuatan lain yang harus diperhitungkan dalam layanan streaming musik.

Amazon Music memiliki 46 juta pelanggan yang keseluruhannya merupakan pelannggan berbayar, karena raksasa online itu memberikan layanan tersebut sebagai bonus untuk pelanggan Prime.

Selain itu, ada pula Google Music dan Apple Music yang keduanya tumbuh dalam popularitas. Apple Music tumbuh lebih cepat dengan 15 juta pelanggan berbayar hanya setahun setelah peluncurannya, demikian GSM Arena.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016