Jember (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IX Jember membagikan ratusan bungkus takjil secara gratis kepada penumpang KA Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya, Jawa Timur, Senin sore.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) IX Jember Krisbiyantoro mengatakan pembagian takjil tersebut merupakan salah satu bentuk pelayanan PT KAI kepada pelanggan pengguna jasa kereta api pada bulan Ramadhan.

"Pembagian takjil tersebut merupakan wujud kepedulian PT KAI Daop IX terhadap umat muslim yang menjalankan ibadah puasa dan kami berharap takjil tersebut dapat bermanfaat bagi penumpang yang sedang berpuasa," tuturnya di Jember.

Dengan pembagian takjil di atas KA Probowangi, lanjut dia, PT KAI berharap pengguna jasa kereta api tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik, meskipun dalam perjalanan dari Kabupaten Banyuwangi menuju Kota Surabaya.

"Kami membagikan takjil di atas KA Probowangi karena kebetulan kereta tersebut melintas di Stasiun Jember menjelang waktu berbuka puasa, sehingga penumpang kereta yang berpuasa bisa segera berbuka dengan menu takjil yang kita bagikan," katanya.

Menurut dia, sebanyak 375 bungkus takjil dibagikan secara gratis kepada penumpang KA Probowangi yang melewati Stasiun Jember karena petugas yang membagikan takjil berangkat dari Stasiun Jember.

"Pemberian takjil itu juga dalam rangka persiapan angkutan arus mudik dan balik Lebaran di wilayah Daop IX Jember, sehingga pelanggan pengguna jasa kereta api bisa semakin nyaman menikmati perjalanan ke tempat tujuan," ujarnya.

Sementara salah seorang penumpang KA Probowangi Fuad mengaku senang dengan pembagian takjil gratis dari PT KAI Daop IX Jember karena penumpang tidak perlu repot untuk menyiapkan menu buka puasa dalam perjalanan di atas kereta api.

"Alhamdulillah ada pembagian takjil gratis untuk penumpang kereta api, sehingga kami merasa nyaman menjalankan ibadah puasa selama perjalanan. Mudah-mudahan program pembagian takjil kepada penumpang kereta dilakukan secara rutin dan berkelanjutan," ucap penumpang yang naik dari Stasiun Jember itu.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016