Mexico City (ANTARA News) - Topan Tropis "Danielle" diperkirakan melanda Meksiko pada Senin sore dan berlangsung selama sedikitnya 12 sampai 24 jam, kata Dinas Meteorologi Nasional Meksiko (SMN).

Kekuatan angin depresi tropis keempat di Samudra Atlantik meningkat dan berubah menjadi Topan Tropis "Danielle" pada Senin pagi, kata SMN.

Topan tersebut saat ini berada di sekitar Negara Bagian Veracruz di Teluk Meksiko, Meksiko Timur, kata badan pengawas cuaca itu di dalam siaran pers.

"Danielle" bergerak ke arah barat--barat-daya dengan kecepatan 11 kilometer per jam dan angin berkecepatan sampai 85 kilometer per jam, demikian laporan Xinhua, Jakarta, Selasa pagi. Untuk alasan itu, daerah pencegahan masih aktif dari Laguna Verde sampai Sungai Panuco, di Veracruz.

SMN menyatakan topan tropis itu akan mengakibatkan hujan lebat, dengan jumlah yang bervariasi dari 75 sampai 250 milimeter, di Negara Bagian Hidalgo, Oaxaca, Puebla, Queretaro, San Luis Potosi, Tamaulipas dan Veracruz di Meksiko. Jumlah curah hujan yang tidak biasa juga diperkirakan turun di beberapa negara bagian.

Topan tersebut juga mengakibatkan banjir bandang, petir, hujan es, angin kencang dengan kecepatan sampai 60 kilometer per jam dan gelombang tinggi di negara Amerika Latin itu, kata SMN --lembaga milik Komisi Perairan Nasional Meksiko.

Pemerintah memutuskan untuk meliburkan sekolah di negara bagian di Meksiko Utara dan Tengah.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016