Jakarta (ANTARA News) - Para pendukung sepak bola Wales merayakan keberhasilan timnya lolos ke babak knockout Euro 2016 --dengan menyandang predikat juara grup pula-- menyusul kemenangan besar 3-0 atas Rusia di Toulouse.

Mereka larut dalam ekstasi atau kebahagiaan luar biasa besar, begitu mengetahui Wales menjuarai Grup B dan memastikan satu tempat pada babak 16 Besar turnamen ini.

Aaron Ramsey dan Neil Taylor membawa Wales unggul dini, sedangkan Gareth Bale menciptakan gol ketiga pada babak kedua.

Pertandingan ini tadinya diperkirakan berisiko tinggi setelah terjadi kekerasan di Marseille dan Lille, namun kenyataannya tidak terjadi insiden kekerasan apa-apa.

Para penggemar Wales bersuara gembira di zona penggemar di Toulouse dengan meneriakkan kalimat "kita di puncak liga" ketika ponsel-ponsel dipelototi demi mendapatkan update terakhir dari laga Inggris versus Slowakia yang akhirnya diketahui berakhir seri 0-0.

Begitu peluit tanda pertandingan berakhir ditiup, tangan dan bir diangkat ke udara demi merayakan kemenangan itu. Puja puji mereka tumpahkan kepada timnas Wales.

Stephen Palmer (49) dari Port Talbot, berkata, "Reaksi saya atas pertandingan itu...Menakjubkan. Kami maju dan saya akan tetap di Prancis sampai minggu depan."

Samantha Caniff (28) dari Tredegar yang menyaksikan pertandingan dari zona penggemar Toulouse, berkata, "Semua keluarga saya menonton pertandingan ini, ibu saya dan si bayi. Kami sungguh menikmatinya."

Sedangkan Gareth Robins (31) dari Cwmbran, melukiskan kegembiraannya dengan berkata, "Kami sungguh menyudutkan mereka. Ramsey dan Bale tidak tersentuh."

Ayahnya, Mark Robins (51) menimpali, "Inilah alasan kami datang ke sini."

Sebelum pertandingan ini ada kekhawatiran bakal terjadi kerusuhan, namun kebanyakan pendukung menilai atmosfer di kota baik sekali.

Itu tercipta setelah Rusia diancam UEFA akan ditendang dari Euro 2016 setelah terjadi kekerasan melawan penggemar Inggris di Marseille, demikian BBC.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016