Padang (ANTARA News) - Pebalap sepeda yang berlaga di ajang Tour de Singkarak (TdS) Agustus 2016 akan melalui rute melewati kota Padang, Sumatera Barat sebanyak tiga kali etape.

"Ketiga etape tersebut yakni etape lima, enam dan delapan atau terakhir dalam perlombaan yang telah jadi agenda tahunan pemprov tersebut," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi, di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan untuk etape lima dan enam, kota Padang hanya akan menjadi jalur singgah bagi pebalap.

Etape Lima yang mengambil rute dari Pesisir Selatan menuju Pariaman akan melewati jalan antara lain Bungus Teluk Kabung - Teluk Bayur - Mata Air - Thamrin - Bagindo Azis Chan - Sudirman - Khatib Sulaiman - Prof Hamka -Lubuk Buaya.

Kemudian Etape keenam yang mengambil rute Pariaman ke Solok akan melewati jalan antara lain Lubuk Buaya - Prof Hamka -Khatib - Sudirman - Simpang Haru - Marapalam - Lubuk Begalung - Banda Buek - Indarung.

"Khusus etape terakhir atau delapan, akan berputar di kota Padang selama lima kali," tambahnya.

Etape delapan ini akan menempuh rute Bukittinggi hingga Padang dengan melewati jalan Lubuk Buaya - Hamka - S Parman - Veteran - Pemuda dan Samudera, berputar sebanyak lima kali dan Finish di Pantai Muaro Lasak.

"Finish di Muaro Lasak ini menjadi agenda utama pariwisata Padang," ujarnya.

Dalam acara terakhir TdS ini akan disajikan berbagai pergelaran seni dan budaya Minang, serta suguhan pariwisata mulai dari hamparan pantai, Tugu Perdamaian dan Menara IORA.

Dia berharap kegiatan TdS ini nantinya dapat membantu Kota Padang mengenalkan lebih jauh pariwisata ke dunia internasional.

Sementara itu salah satu warga yang juga Humas Universitas Andalas, Eriyanty menyayangkan TdS kali ini tidak lagi melewati kampusnya.

Meskipun demikian dia berharap kegiatan TdS mendatang bisa memberikan keuntungan bagi Padang dan Sumbar khususnya dalam investasi.

"Setidaknya kota Padang akan semakin punya nama dengan ajang balap sepeda tersebut," ujarnya.

Pewarta: M R Denya Utama
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016