Tokyo (ANTARA News) - Militer Jepang mewaspadai kemungkinan Korea Utara (Korut) meluncurkan rudal balistik, kata sumber pemerintah pada Selasa, sementara media melaporkan Angkatan Laut dan meriam  anti-rudal disiapkan untuk menembak jatuh semua benda yang mengarah ke Jepang.

Korea Utara diduga memindahkan rudal jarak-menengah ke pesisir timur tetapi tidak ada tanda akan segera meluncurkannya menurut kantor berita Korea Selatan Yonhap mengutip sumber tanpa nama di pemerintahan.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan belum menyampaikan tanggapan.

Ketegangan meningkat di kawasan tersebut sejak Korea Utara melakukan uji nuklir keempat pada Januari diikuti peluncuran satelit serta berbagai macam rudal, termasuk satu pada Mei.

Sumber di pemerintah Jepang mengatakan ada tanda-tanda Korea Utara sedang mempersiapkan peluncuran roket jarak-menengah Masudan, jenis roket yang sama dengan yang diluncurkan pada Mei, mendorong militer Jepang waspada.

Peluncuran pada Mei yang dilakukan sehari setelah militer Jepang menetapkan status siaga, gagal.

Korea Utara gagal dalam percobaan peluncuran tiga Masudan yang lain pada April, menurut pejabat Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Jepang menempatkan pasukan anti-rudal dalam keadaan siaga selama beberapa kali tahun ini setelah mendeteksi tanda Korea Utara akan melakukan peluncuran, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters. (Uu.M007)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016