Bandung (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Jawa Barat mengimbau seluruh pemudik untuk mewaspadai titik-titik rawan longsor di sepanjang jalur mudik yang ada di wilayah utara, selatan, tengah Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus, di Bandung, Selasa, menuturkan Polda Jawa Barat telah memetakan ada lima lokasi atau titik rawan longsor yang ada di jalur mudik Idul Fitri 1437 Hijriah atau Lebaran 2016.

"Kami meminta untuk pemudik yang melintas untuk tetap waspada. Lima titik itu tersebar di jalur utara, tengah dan selatan Jawa Barat," kata dia.

Kelima titik daerah rawan longsor itu terdiri dari Cadas Pangeran, Sumedang, Gentong-Ciawi-Trowek Baru Tasikmalaya, Salopa-Traju Tasimalaya, Puncak Bogor dan Tol Cipali.

"Jadi jalur-jalur tersebut biasa dilintasi masyarakat saat arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri," kata Yusri.

Ia menuturkan keberadaan titik rawan longsor kebanyakan berada di area perbukitan sehingga pergerekan tanah masih dinilai rawan.

Oleh karena itu ia meminta pemudik untuk hati-hati dan mematuhi rambu-rambu peringatan selama perjalanan mudik.

Selain itu, lanjut dia, Polda Jawa Barat bersama beberapa pihak sudah berkoordinasi untuk mengantisipasi bencana longsor.

"Tentunya kami meminta kepada pemda untuk menyiapkan kendaraan alat berat di tempat rawan bencana atau longsor," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016