Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim nasional Jerman, Joachim Loew, menyatakan keputusannya memainkan Mario Gomez sejak awal laga melawan Irlandia Utara di penyisihan Grup C Piala Eropa 2016 merupakan pilihan tepat.

Terlebih Gomez menjadi pencetak gol kemenangan Jerman atas Irlandia Utara di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, Rabu dini hari WIB.

"Mario Gomez mencetak gol (kemenangan), yang membuktikan apa yang kami lihat di sesi latihan pekan ini. Percobaan tepat memainkan tipe pemain berbeda di depan: seorang penyerang murni ketimbang 'false nine'," katanya sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

Karakter permainan Gomez sebagai penyerang murni yang lebih betah bertahan di dalam kotak penalti juga memberikan kesempatan gelandang serang seperti Thomas Mueller untuk mencari kesempatan menembak.

"Ia lebih memilih bertahan di tengah dan itu penting karena membuat permainan menjadi lebih ringkas serta memberi perhatian lebih bagi pertahanan lawan -- memberikan keleluasaan pemain seperti Thomas Mueller untuk mendapatkan beberapa kesempatan," kata Loew.

Terkait Mueller yang hingga saat ini belum mencetak gol di putaran final Piala Eropa 2016, Loew mengaku tak terlalu ambil pusing dengan hal tersebut.

"Saya tak khawatir dengan Mueller yang belum mencetak gol. Saya lebih khawatir kalau dia tak punya kesempatan menembak, namun malam ini ia memiliki tiga atau empat kesempatan itu dan memperlihatkan penampilan yang baik. Ia hampir mencetak gol malam ini dan saya yakin di pertandingan selanjutnya dia akan mencetak gol," pungkas Loew.

Jerman lolos sebagai juara Grup C dengan koleksi tujuh poin dan masih menantikan lawannya di babak 16 besar yang merupakan salah satu dari peringkat ketiga terbaik, entah dari Grup A (Albania), B (Slowakia) atau F (belum ditentukan), pada Minggu (26/6) di Stadion Pierre-Mauroy, Lille.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016