"Apakah posisi kami berada di atas angin? Tidak, kami tetap harus rendah hati. Ini turnamen yang memerlukan kerja keras
Lille (ANTARA News) - Duel antara Italia dan Irlandia mengulang sejarah laga Piala Dunia 1990 dan 1994. Tampil di kandang di Roma pada 1990, Italia mampu mengalahkan Irlandia dengan gol semata wayang yang dilesakkan oleh Salvatore Schillachi di babak kuarter-final.

Empat tahun kemudian, Italia menundukkan Irlandia dengan skor 2-0 di Poznan di babak penyisihan grup. Kini, Italia kembali meladeni Irlandia dalam laga Grup E Piala Eropa 2016 dalam laga yang digelar di Stade Pierre-Mauroy, Villeneuve d'Ascq, pada Kamis dini hari, pukul 02.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Skuad berjuluk Gli Azzurri berada di atas angin setelah meraih dua kemenangan atas Belgia dan Swedia. Jika menang melawan Irlandia, maka Italia bakal keluar sebagai juara grup.

Italia tidak sedang bermimpi. Pasukan asuhan pelatih Antonio Conte tidak direpotkan dengan masalah cedera pemain. Ini merupakan modal  positif bagi juara Eropa 1968 itu.

Irlandia menghadapi situasi berbeda. Pasukan pelatih Martin O'Neill ini perlu berjuang lebih keras agar dapat mempertahankan dan menumbuhkan asa di Piala Eropa 2016 ini.

Kubu Irlandia tidak ingin kalah angin menghadapi Italia. Long dan kawan-kawan mampu mengalahkan Belgia dengan skor 3-0 dalam laga yang dihelat di Bordeaux pada Sabtu, kemudian ditahan imbang 1-1 di laga pembukaan.

Italia jelas-jelas mengerling ke babak 16 besar setelah meraih dua kemenangan dari dua laga sebelumnya. Tinggal sekarang kejelian dan kepiawaian Conte meracik susunan pemain ketika melawan Irlandia.

Di buku besar sejarah sepak bola, Irlandia gagal mengalahkan Azzurri dalam dua dekade lebih. Ini termasuk ketika Italia menang atas Irlandia 1-0 di Piala Dunia 1994.

Italia punya enam pemain yang terancam terkena suspensi jika menerima kartu dari wasit. Mereka yakniGianluigi Buffon, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Daniele De Rossi, Eder dan Thiago Motta. Untuk itu, Conte perlu melakukan rotasi dalam susunan pemain.

Antonio Candreva bakal absen karena mengalami cedera hamstring sementara Simone Zaza bakal mengisi posisi itu. Di kubu Irlandia, Jonathan Walters telah fit dan siap turun bertanding.

Komentar dua pelatih:

* Antonio Conte (Italia):

"Apakah posisi kami berada di atas angin? Tidak, kami  tetap harus rendah hati. Ini turnamen yang memerlukan kerja keras. Irlandia tampil sebagai lawan yang tangguh. Kami telah melakoni sejumlah laga, meski kami belum beroleh apa-apa."

"Saya senantiasa katakan kepada para pemain agar bermain dan beroleh kemenangan. Hanya kemenangan yang dapat menghantar anda beroleh kejayaan."

"Setelah bertanding melawan Swedia, dan menyaksikan para pemain berlatih, saya perlu melakukan sedikit perubahan. Bukan berarti meremehkan pertandingan ini. Ini penting bagi kami dan bagi saya."

"Tidak ada tim pertama dan tim cadangan. Kami punya 23 pemain yang sama-sama berkualitas dan mampu meraih kemenangan, termasuk di sini seluruh staf tim."

* Martin O'Neill (Irlandia):
"Enam bulan yang lalu, jika anda berpikiran bahwa anda harus menang di laga babak kualifikasi, maka anda perlu mengubah pendapat itu. Saya beranggapan bahwa pertandingan nanti memerlukan kesungguhan. Kami perlu berkonsentrasi pada laga nanti. Tentunya, kami perlu menajamkan lini depan agar tampil menyerang."

"Italia mampu tampil dengan gayanya sendiri. Mereka keluar sebagau juara grup setelah melakoni dua laga. Sekarang, tinggal menunggu hasil dari laga nanti."

"Hal yang menguntungkan bahwa mereka kabarnya akan mengistirahatkan sejumlah pemain yang turun dalam dua laga sebelumnya. Mereka menyimpan sejumlah pemain yang telah terkena kartu kuning dari wasit."   

Prediksi susunan pemain:

* Italia (3-5-2):

Sirigu (penjaga gawang); De Sciglio, Barzagli, Ogbonna, Darmian; Bernardeschi, Thiago Motta, Sturaro, El Shaarawy; Zaza, Immobile.
Diragukan tampil: Candreva (cedera paha)
Absen di laga berikutnya jika menerima kartu dari wasit: Bonucci, Buffon, Chiellini, De Rossi, Éder, Thiago Motta

* Irlandia (4-3-1-2):
Randolph (penjaga gawang); Coleman, O'Shea, Duffy, Brady; Hendrick, Whelan, Quinn, Hoolahan; Murphy, Long.
Diragukan tampil: Walters (cedera achilles)
Absen di laga berikutnya jika menerima kartu dari wasit: Hendrick, McCarthy, Whelan

Data dan fakta (Opta Facts):

* Ini laga keempat belas antara Italia melawan Irlandia. Italia meraih delapan kemenangan dari 13 laga sebelumnya sementara Irlandia dua kali menang (tiga imbang).
* Italia menundukkan Irlandia 2-0 dalam edisi terakhir di Piala Eropa 2012. Dua gol itu dicetak oleh Antonio Cassano dan Mario Balotelli.
* Italia mencapai babak knockout di Piala Eropa sebanyak enam kali dalam delapan keikutsertaan mereka sejak 1980.
* Italia di bawah pelatih Antonio Conte tidak terkalahkan dari 12 laga (sembilan menang, tiga imbang).
* Italia tidak pernah mencetak lebidh dari dua gol dalam 35 pertandingan di kejuaraan Eropa.     
     
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Italia: W W W W L


17/06/2016 Italia 1 - 0 Swedia
13/06/2016 Belgia 0 - 2 Italia
06/06/2016 Italia 2 - 0 Finlandia
29/05/2016 Italia 1 - 0 Skotlandia
29/03/2016 Jerman 4 - 1 Italia

* Irlandia: L D L D D

18/06/2016 Belgia 3 - 0 Irlandia
13/06/2016 Irlandia 1 - 1 Swedia
31/05/2016 Irlandia 1 - 2 Belarusia
27/05/2016 Irlandia 1 - 1 Belanda
29/03/2016 Irlandia 2 - 2 Slovakia

Head To Head:
 
31/05/2014 Italia 0 - 0 Irlandia
18/06/2012 Italia 2 - 0 Irlandia
07/06/2011 Italia 0 - 2 Irlandia
10/10/2009 Irlandia 2 - 2 Italia
01/04/2009 Italia 1 - 1 Irlandia

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Italia 2 - 0 Irlandia (27 persen)
* Italia 0 - 0 Irlandia (15 persen)
* Italia 0 - 1 Irlandia (10 persen)
 
Prediksi jalannya laga:

* Italia bakal melakukan perubahan  dalam komposisi pemain setelah Azzurri memastikan diri keluar sebagai juara grup asal memang tidak menelan kekalahan dari Irlandia.
* Conte siap berhitung dengan kekuatan tim asuhannnya menghadapi laga-laga selanjutnya.
* Irlandia tidak tampil gemilang juga ketika mengalahkan Belgia. Hasil imbang 1-1 di laga pembuka mengindikasikan bahwa lini depan The Green Army tidak terlalu mencemaskan lini pertahanan Italia. Syaratnya, para pemain belakang Azzurri tidak membuat blunder atau menganggap enteng lawan.
* Irlandia tidak memiliki catatan cerah ketika melawan Italia.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Italia: 2
* Irlandia: 0

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016