Jakarta (ANTARA News) - Calon tunggal Kapolri Komjen Pol Tito Karnavian mengatakan tidak ada persiapan khusus dalam menyambut kunjungan rombongan Komisi III DPR RI ke kediamannya hari ini.

"Tidak ada persiapan. Kunjungan mereka ini ingin melihat suasana rumah saya dan kehidupan keseharian saya bersama keluarga," kata Tito di rumah dinasnya di Jakarta Selatan, Rabu.

Dia mengatakan, keluarga inti yang menemaninya hari ini hanya istrinya. "Yang menemani saya hari ini, istri, kakak dan adik saya," katanya.

Ketiga anaknya yang bersekolah di Singapura tengah menghadapi ujian. "Tiga anak saya sekolah di Singapura. Dua orang lagi ujian project SMA, satunya lagi yang sudah kuliah sedang ujian kenaikan tingkat, enggak bisa pulang ke Indonesia jadinya," kata Tito.

Tito menyatakan siap menjalani uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon Kapolri.

Rombongan Komisi III DPR akan tiba hari ini pukul 13.30 WIB di kediaman Tito sebagai bagian dari rangkaian uji kepatutan dan kelayakan Tito sebagai calon Tribrata I.

Beberapa pejabat Polri berada di kediaman Tito, yakni  Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Kadivhumas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto.

Kemarin, Komisi III DPR mulai melaksanakan rangkaian uji kepatutan dan kelayakan terhadap Tito dengan melakukan penelusuran rekam jejak.

Komisi III akan melibatkan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Komisi Pemberantasan Korupsi dan Kompolnas.

Proses uji kepatutan dan kelayakan berlanjut hari ini dengan mengunjungi kediaman Tito, dan sekaligus mengagendakan buka puasa bersama.

Sedangkan Kamis (23/6), Komisi III akan menyelenggarakan uji kelayakan dan kepatutan pukul 10.00 WIB dan diperkirakan selesai pukul 16.00 WIB. Malam harinya, Komisi III akan mengambil keputusan dari hasil uji kelayakan itu.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016