... Orangtua saya sudah sepuh. Ada penyakit di punggungnya jadi tidak bisa jalan jauh...
Jakarta (ANTARA News) - Komisaris Jenderal Polisi Tito Karnavian yang ditetapkan Presiden Jokowi menjadi kepala Kepolisian Indonesia tidak didampingi orangtuanya saat menempuh uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR. 




Orangtuanya tinggal di Palembang, Sumatera Selatan. "Orangtua saya sudah sepuh. Ada penyakit di punggungnya jadi tidak bisa jalan jauh," kata Karnavian, di rumah dinasnya, di Jakarta Selatan, Rabu.




Hari ini rombongan Komisi III DPR datang ke rumah dinasnya sebagai bagian dari uji kelayakan dan kepatutan atas promosi dia itu. Saat rombongan Komisi III DPR datang, dia hanya didampingi keluarga intinya, yaitu istri dan saudara-saudaranya. "Yang menemani saya hari ini, istri, kakak dan adik saya," katanya.




Pasalnya tiga orang anaknya yang bersekolah di Singapura tengah menghadapi ujian. "Tiga anak saya sekolah di Singapura. Dua orang lagi ujian SMA, satunya lagi yang sudah kuliah, sedang ujian kenaikan tingkat, enggak bisa pulang ke Indonesia jadinya," katanya.




Selasa kemarin, Komisi III DPR menghadirkan dia di Gedung Parlemen. Uji kepatutan dan kelayakan itu juga akan melibatkan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan, KPK, dan Komisi Kepolisian Nasional. 




Kamis (23/6), Komisi III DPR akan menyelenggarakan uji kelayakan dan kepatutan pukul 10.00 WIB dan diperkirakan akan selesai pukul 16.00 WIB. Sementara itu malam harinya, Komisi III akan mengambil keputusan dari hasil uji kelayakan.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016