Palembang (ANTARA News) - Ketua Badan Legislasi DPR RI, Totok Daryanto mengatakan bahwa kebakaran hutan dan lahan harus diatasi bersama, karena akan banyak kerugian akibat bencana alam tersebut.

Kebakaran hutan dan lahan tahun lalu kerugian mencapai triliunan rupiah dan itu sangat besar, kata Totok Daryanto saat kunjungan kerja ke-Sumsel, di Palembang, Rabu.

Oleh karena itu kejadian tersebut harus dicegah sedini mungkin agar kebakaran hutan dan lahan tidak terulang kembali.

Memang, menurut dia, kebakaran hutan dan lahan telah menjadi fenomena yang terjadi di negara sekarang ini.

Oleh sebab itu harus diatasi bersama dan seperti Sumsel telah membuat peraturan daerah terkait kebakaran hutan dan lahan, katanya.

Menurut dia, kedatangannya ke-Sumsel untuk melihat kesiapan daerah ini dalam mengantisipasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki mengatakan, memang daerah ini telah membuat peraturan daerah dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Jadi dengan adanya peraturan daerah, kebakaran hutan dan lahan dapat dicegah karena ada hukum yang mengatur, kata dia.

Memang, lanjut dia, sejak dari dulu pemerintah dan DPR sepakat perlu ditetapkannya aturan hukum tentang pencegahan, penanggulangan, penanganan pasca kebakaran hutan dan lahan serta sanksi administratif.

Dengan adanya aturan tersebut diharapkan kebakaran hutan dan lahan tidak terulang kembali seperti tahun lalu, tambah dia.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016