Saya harap, secara bertahap, masalah Kota Jakarta dapat diatasi dengan baik. Tentu saja kami memohon dukungan dari seluruh pihak."
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berharap satu per satu permasalahan yang selama ini dihadapi Kota Jakarta dapat diselesaikan secara bertahap.

Harapan tersebut disampaikannya secara langsung saat memberikan sambutan dalam Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-489 Kota Jakarta.

"Saya harap, secara bertahap, masalah Kota Jakarta dapat diatasi dengan baik. Tentu saja kami memohon dukungan dari seluruh pihak," kata Basuki di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok sehari-hari itu, untuk menyelesaikan seluruh permasalahan Kota Jakarta, dibutuhkan peran dan dukungan dari semua pihak, yakni pemerintah pusat, DPRD DKI Jakarta dan seluruh masyarakat.

"Apalagi tahun 2018 nanti Kota Jakarta bersama dengan Kota Palembang terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Asian Games XVIII. Makanya, kami butuh banyak dukungan dari semua pihak supaya acara itu sukses," ujar Ahok.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta agar eksekutif (Pemprov DKI) dan legislatif (DPRD DKI) senantiasa meningkatkan kerja sama dan koordinasi demi memajukan ibukota.

"Sekecil apapun permasalahan yang dihadapi Kota Jakarta, harus dibahas dan dibicarakan bersama antara Pemprov DKI dan DPRD DKI. Semuanya itu untuk kemaslahatan daerah dan kepentingan bangsa dan negara," tutur Tjahjo.

Lebih lanjut, dia juga meminta agar Pemprov DKI bersama dengan DPRD DKI Jakarta membangun tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, sehingga aspirasi masyarakat dapat direalisasikan.

"Selanjutnya, dengan meningkatkan pemberdayaan masyarakat, maka daya saing daerah juga ikut meningkat. Kalau proses peningkatan ini bisa berjalan dengan lancar dan pemerintah bisa melayani masyarakat dengan baik, maka Jakarta bisa lebih maju," ungkap Tjahjo.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016