Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprakirakan Jakarta cerah berawan pada Kamis pagi (23/6), kecuali Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara.

Sementara pada Kamis siang dan malam hari (23/6) akan hujan ringan kecuali Jakarta Selatan dan Timur yang akan berawan, demikian siaran pers BMKG yang diterima, di Jakarta, Rabu.

Sementara kawasan Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi pada Kamis pagi (23/6) akan bercuaca sama dengan Jakarta kecuali Tangerang, yaitu hujan ringan,

Pada Kamis siang (23/6), Depok akan hujan ringan, Tangerang hujan sedang, Bekasi berawan dan Bogor hujan sedang. Pada Malam harinya, Bodetabek akan mengalami hujan ringan kecuali Bekasi yang akan berawan.

Di wilayah Indonesia lain, BKMG memprediksi akan mengalami hujan lebat seperti di wilayah Maluku dan Papua Barat.

Untuk prakiraan tinggi gelombang, BMKG memprediksi gelombang laut dengan tinggi 1,25-2,5 meter akan terdapat di wilayah Selat Malaka, perairan Bengkulu-Enggano, perairan barat Lampung, dan Selat Sunda bagian selatan. 

Juga perairan selatan Jawa hingga Nusa Tenggara, perairan selatan Pulau Sumba-Pulau Rote, perairan Kepulauan Babar-Kepulauan Tanimbar, perairan Kepulauan Kai-Kepulauan Aru, Laut Banda bagian selatan, Laut Arafuru, perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, dan perairan utara Halmahera.

Selanjutnya gelombang laut dengan tinggi 2,5-4,0 meter akan terdapat di wilayah Laut Andaman, perairan utara dan barat Aceh, perairan barat Kepulauan Simelue-Kepulauan Mentawai, Samudera Hindia barat Sumatera dan Laut Cina Selatan timur Vietnam.

Prediksi cuaca oleh BMKG tersebut berdasarkan pantauan citra radar, pantauan citra satelit, analisa dinamika atmosfer dan pasang air laut maksimum.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016