Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan persatuan istri anggota (PIA) Fraksi PDI Perjuangan DPR RI untuk lebih peduli dan mendukung tugas suaminya di parlemen.

"Para anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan sudah berjuang di parlemen, agar para istrinya lebih berempati dan mendukung tugas-tugas suaminya," kata Megawati pada acara buka puasa bersama Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI beserta keluarga di rumah dinas Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, di Jakarta, Rabu.

Pada kegiatan tersebut hadir sebanyak 98 dari 107 anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI beserta keluarganya.

Menurut Megawati, pada buka puasa kali ini agendanya adalah memperkenalkan keluarga masing-masing dari anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI.

"Sasarannya, agar antarkeluarga anggota Fraksi PDI Perjuangan, saling mengetahui satu sama lain dan mengetahui perjuangan kerja para suaminya atau istrinya," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Megawati juga menyindir para istri anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, agar jangan banyak "ngerumpi", mengobrol di mall, atau belanja.

Menurut dia, para istri anggota Dewan seharusnya lebih mengetahui tugas-tugas suaminya dan dapat mengerem, sehingga para suami tidak tersandung kasus hukum," katanya.

Megawati juga menjelaskan, saat ini banyak kasus narkoba yang terjadi pada remaja sehingga harus berurusan dengan polisi.

Dampak kasus narkoba, kata dia, bahkan ada yang melakukan tindakan kriminal termasuk pemerkosaan.

"Mengawasi anak-anaknya di rumah adalah tugas para ibu. Bagaimana ibu-ibu mengawasi anak-anaknya jika sampai terkena narkoba," katanya.

Menurut Megawati, para istri anggota Fraksi PDI Perjuangan harus memiliki pendidikan dan dapat menambah pengetahuan agar dapat mendorong suami dan mengawasi anak-anak dengan baik.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016