Kabupaten Bogor (ANTARA News) - Ketua DPR RI Ade Komarudin meninjau kawasan perindustrian di daerah Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Dalam kunjungan tersebut, Ketua DPR meninjau pabrik pembuatan mebel dari plastik yang dikelola oleh group Cahaya Buana.

Saat berdialog dengan pemilik dan pekerja di pabrik tersebut, Ade Komarudin yang akrab dipanggil Akom itu, mengatakan kunjungannya dilakukan untuk melihat langsung bagaimana keadaan perusahaan dan juga pekerjanya.

Direktur group Cahaya Buana Simarba Atong mengatakan dalam kondisi ekonomi saat ini perusahaannya tetap berproduksi meski ada penurunan permintaan.

Untuk menyesuaikan dengan kondisi, dilakukan beberapa penyesuaian. Ia menegaskan bahwa pengurangan karyawan merupakan opsi terakhir.

"Kami hanya mengupayakan pengurangan jam kerja saja," kata Simarba.

Menanggapi itu, Akom  mengatakan antara karyawan dan pengusaha harus ada komunikasi yang baik dan ada rasa saling memiliki.

"Kita punya banyak kekhawatiran (mengenai kondisi ekonomi), tapi mari kita jawab bersama-sama. Masalah yang ada dapat diatasi dengan kerja bersama-sama," kata Akom.

Dalam kunjungan itu, Ketua DPR didampingi oleh Bupati Bogor Nurhayati, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi dan Muspika Kabupaten Bogor.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016