Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berbuka puasa bersama 1.000 orang lanjut usia di Balai Sudirman, Jakarta, Kamis.

Turut hadir para anggota TNI, Polri dan veteran serta bersama Yayasan Swastisvarna.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahkan Swarna Award Nasional 2016 kepada anak bangsa yang berprestasi serta pengukuhan Komisaris Besar Polisi M Elia sebagai Jenderal Lansia.

Jenderal Lansia merupakan penghargaan yang disematkan karena Kombes Politik M Elia dinilai sangat berdedikasi terhadap para lansia.

Mensos mengatakan, para lansia sebagai warga negara senior harus terus dicontoh oleh generasi muda.

"Yang muda tidak boleh berhenti belajar dari kearifan yang dititiskan oleh para warga senior," kata Khofifah.

Saat ini angka harapan hidup semakin tinggi sehingga para lansia perlu diberikan ruang untuk tetap produktif sehingga merasa hidupnya akan memberikan manfaat dan bermakna bagi masyarakat yang lain, ujar Khofifah.

"Hari ini kita punya data 1,8 juta lansia terlantar, 1,6 juta lansia yang potensial terlantar. Karena itu kita ingin mengajak kembali kepada keluarga, maka yang harus dibangun adalah ketahanan keluarga," katanya.

Menurut Khofifah, solusi bagi para lansia tersebut adalah bukan memperbanyak panti jompo tapi mengembalikan mereka ke tengah-tengah keluarga.

"Pada posisi seperti itu bukan hanya perlindungan dan layanan kepada lansia yang akan terbangun tapi juga perlindungan dan layanan terhadap anak-anak," tambah dia.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016