Lebak (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Merak, Banten, menyediakan jalur khusus lintasan untuk para lanjut usia sehingga dapat memudahkan naik maupun turun dari kapal.

"Jalur lintasan khusus bagi usia lanjut itu merupakan kewajiban yang harus direalisasikan," kata Kepala Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Mario Sardadi Oetomo di Merak, Kamis.

Fasilitas untuk lansia itu sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat yang menggunakan jasa penyeberangan untuk mudik lebaran.

Selain itu juga ASDP Merak menyediakan fasilitas ruangan ibu menyusui anak.

"Pelayanan ini khusus untuk lansia dan ibu menyusui anak," katanya sambil menambahkan bahwa ASDP Merak juga, tahun ini membuka 57 loket,termasuk khusus sepeda motor.

"Kami yakin dengan mengoptimalkan loket itu dipastikan seluruh penumpang pemudik terlayani dengan baik," ujarnya.

Mario menyebutkan saat ini kegiatan bongkar muat di dermaga I sampai V dipercepat menjadi 40 menit dari sebelumnya 60 menit.

Percepatan bongkar muat itu, ujar dia, guna memperlancar arus kendaraan yang masuk ke dermaga bisa langsung naik ke atas kapal.

Selama ini, ujar dia, di lima dermaga Pelabuhan Merak tidak terjadi antrian.

"Saat ini pelayanan untuk pengguna jasa angkutan penyeberangan lancar dan tidak ada masalah," tuturnya.

Menurut dia, diperkirakan arus mudik lebaran melalui Pelabuhan Merak pada H-3 dan H-2 dan dipastikan meningkat sekitar 20 persen dari tahun sebelumnya.

Kenaikan penumpang itu sehingga pelayanan terus ditingkatkan agar arus mudik lebaran berjalan lancar dan normal.

"Kami menjamin arus mudik lebaran tahun ini berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan penumpang dan kendaraan," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016