Bengkulu (ANTARA News) - Bunga Rafflesia arnoldii berkelopak enam mekar di Hutan Lindung Bukit Daun, sekitar 48 kilometer dari Kota Bengkulu.

Bunga Rafflesia itu memiliki lima kelopak berukuran besar dan satu kelopak berukuran lebih kecil.

"Umumnya bunga Rafflesia memiliki lima kelopak, tapi yang kami temukan kali ini cukup langka karena memiliki enam kelopak," kata Gilang Ibnu, warga Desa Tanjung Heran, Kabupaten Bengkulu Tengah, yang menemukan bunga Rafflesia unik itu, Jumat.

Ia menuturkan bahwa kelopak bunga Rafflesia itu mulai membuka pada Kamis (23/6) dan diperkirakan mekar sempurna pada Sabtu (25/6).

"Saat ini diameter bunga mencapai 70 centimeter tapi kami perkirakan akan lebih lebar saat bunga mekar sempurna," kata dia.

Untuk memudahkan pengunjung menemukan tempat bunga Rafflesia itu berada, Ibnu dan rekan-rekannya sudah memasang petunjuk di tepi jalan.

Pengunjung, Ibnu menambahkan, hanya perlu berjalan 15 menit ke dalam hutan untuk melihat keunikan bunga raksasa itu.

Sepekan sebelumnya, tidak jauh dari lokasi tersebut warga juga menemukan sekuntum Rafflesia arnoldii mekar.

"Biasanya hanya lima kelopak, termasuk yang mekar sepekan lalu, jadi Rafflesia kelopak enam ini sangat jarang terjadi," kata dia.

Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Sofian Ramadhan mengatakan bunga Rafflesia dengan enam kelopak jarang ditemukan.

Selain yang mekar di wilayah Bengkulu Tengah, komunitas tersebut mencatat bunga Rafflesia berkelopak enam pernah mekar di wilayah Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Kaur.

Sofian mengatakan habitat bunga Rafflesia antara lain ada di Hutan Lindung Bukit Daun (Bengkulu Tengah), Bengkulu Utara dan Kabupaten Kaur.

Jenis Rafflesia yang teridentifikasi di wilayah Bengkulu, ia menambahkan, meliputi Rafflesia arnoldii, Rafflesia hasselti, Rafflesia bengkuluensis dan Rafflesia gadutensis.


Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016