Bandung (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meninjau Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina Ujungberung Kota Bandung untuk memastikan kesiapan pasokan menghadapi peningkatan kebutuhan saat Lebaran 2016.

Menteri ESDM tiba di TBBM Ujungberung sekitar pukul 10.00 WIB disambut Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) dan Kepala Depo TBBM Bandung Hari Purnomo.

Sudirman pun melakukan pertemuan di kantor utama fasilitas depo BBM di kawasan Bandung timur itu.

Pada kesempatan itu, Menteri ESDM juga melakukan peninjauan ke lokasi pengisian truk tanki BBM, untuk selanjutnya didistribusikan ke SPBU di kawasan Bandung Raya.

Dalam kesempatan itu, Sudirman juga berdialog dengan salah seorang pengemudi truk tanki yang akan mengisi BBM di depo itu.

"Secara nasional pasokan dan stok BBM untuk momen Lebaran ini aman, termasuk penambahan pasokan sebesar 15 persen," katanya.

Menurut dia, Pertamina telah melakukan beberapa strategi untuk menyiasati peningkatan permintaan BBM dan elpiji, termasuk menembus kemacetan di sejumlah ruas jalan.

Persiapan pun dilakukan di jalur Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) hingga Brebes yang diprediksi akan mengalami kepadatan luar biasa.

"Beberapa strategi telah disiapkan, termasuk untuk pasokan saat terjadi kemacetan. Khusus di Tol Cipali terus dilakukan persiapan, meski SPBU baru beroperasi khususnya dalam pelayanan pada momen Lebaran namun diharapkan bisa berjalan maksimal," kata Menteri ESDM.

Selain melakukan kunjungan dan peninjauan ke TBBM Ujungberung, menteri dan rombongan juga meninjau TBBM Karawang.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016