Jakarta (ANTARA News) - Bank Indonesia menilai keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Britain to Exit/Brexit) seperti hasil refrendum Jumat siang ini, akan mengalihkan dana modal di pasar keuangan global ke Amerika Serikat dan Jepang, sebagai dua negara yang saat ini diyakini memiliki prospek ekonomi baik.

Menurut Gubernur BI Agus Martowardojo di Jakarta, Jumat, dampak Brexit juga akan menyentuh pasar keuangan Indonesia, namun besaran dampaknya dinilai tidak akan signifikan.

Hingga Jumat pagi, kata Agus, rupiah terdepresiasi sebesar 1 persen menjadi sekitar Rp13.400 dari sekitar Rp13.260 per dolar AS Kamis kemarin.

"Secara umum kita yakini ini adalah sifatnya temporer," ujarnya.

Sedangkan hingga Jumat siang ini, mata uang Inggris Poundsterling tertekan cukup dalam hingga 11 persen, yang menunjukkan depresiasi tertajam sejak 30 tahun lalu. Untuk mata uang Euro, terpantau penurunan nilai tukar di rentang 1-2 persen.

Baca Juga : Bank of England akan ambil langkah stabilitasi moneter pasca-Brexit

Agus mengklaim dampak Brexit ke Indonesia hanya sementara karena kondisi fundamental ekonomi domestik terus membaik. Hal itu akan mempertahankan kepercayaan pelaku pasar.

"Kondisi inflasi yang terjaga terlihat pekan ketiga inflasi Juni di 0,56 persen, dan juga defisit neraca transkasi berjalan yang diperkirakan secara umum berada di 2,2 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB)," ujar dia.

Sedangkan dana masuk hingga pekan ketiga Juni, kata Agus, tercatat Rp70 triliun, atau terlipatgandakan dibanding periode sama tahun lalu yang sebesar Rp30 triliun.

Agus mengatakan ke depannya, proses politik keluarnya Inggris dari Uni Eropa masih akan beranjut. Inggris harus mengajukan permintaan secara resmi untuk keluar dari UE sesuai dengan perjanjian UE (EU Treaty).

Dalam permintaan itu, kata Agus, akan terjadi negoisasi, yang juga menyangkut kepentingan ekonomi, seperti misalnya negoisasi soal tarif perdagangan dari atau menuju ke Inggris.

Baca Juga : Komisi Eropa: tak akan ada renegosiasi dengan Inggris

"Itu implikasinya lebih jangka panjang," katanya.

Namun, kata Agus, saat ini, perdagangan Indonesia tidak akan terkenda dampak yang signifikan dari hasil refrendum Brexit, karena nilai perdagangan antara Indonesia dan Inggris yang tidak begitu besar.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016