Jakarta (ANTARA News) - Hasil referendum menunjukkan mayoritas masyarakat Inggris telah memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa.

Reuters mencatat  51,8 : 48,2 masyarakat Inggris memilih meninggalkan UE atau Britis Exit "Brexit" dibanding tetap bersama di UE atau "Bremain", British Remain".

Para figur publik Inggris menyuarakan pendapatnya seiring dengan semakin dekatnya saat penentuan poling Referendum UE. Berikut daftar selebritis yang memilih tetap di dalam UE dan yang memilih pergi menurut Independent.co.uk.

Bremain:
1. David Beckham
Mantan kapten tim sepak bola Inggris mengumumkan di Instagram bahwa dia memilih untuk tetap tinggal bersama Uni Eropa.

"Kita hidup di dunia yang aktif dan terkoneksi di mana kalau kita bersatu maka kita akan kuat. Bagi anak-anak dan cucu kita kelak, kita harus menghadapi masalah dunia ini bersama-sama dan tidak sendirian," kata Beckham.

Istri David Beckham, Victoria pun mengumumkan dukungannya untuk tetap tinggal. Selain Beckham, para atlet dan selebritis dunia olah raga yang mengumumkan dukungannya atas Bremain antara lain: Gary Lineker, atlet Olimpiade Paula Radcliffe, mantan bintang Rugby Inggris Brian Moore dan Lawrence Dallaglio, pemain dart Bobby George, juga Ben Ainslie.

2. Elton John
Elton John mengumumkan niatnya untuk memilih tetap bersama UE dalam Referendum dalam Instagram, dia membagi gambar tulisan: "bangun jembatan, bukan tembok" diiringi dengan keterangan: "Saya memilih untuk tetap di dalam. #StrongerInEurope"

Musisi lain yang mendukung agar Inggris tetap bersatu dengan Uni Eropa antara lain Billy Bragg, Jarvis Cocker, Simon Cowell, Bob Geldof dan Florence Welch.

3. JK Rowling
Pengarang buku Harry Potter mengekspresikan kekhawatirannya bahwa orang-orang "rasis dan fanatik" adalah dalang dibalik kampanye "Leave" atau meninggalkan UE.

Dalam sebuah unggahan blog, Rowling menulis: "Bagaimana sebuah kemunduran menjadi egois dan individualisme yang merasa tidak aman menjadi respons yang tepat saat Eropa menghadapi ancaman-ancaman yang asli, saat ikatan yang mengikat kita sangat kuat, saat kita sudah sejauh ini bersama-sama. Bagaimana kita bisa berharap menaklukkan tantangan besar terorisme dan perubahan iklim tanpa kerja sama dan kolaborasi?"

Benedict Cumberbatch dan Sir Patrick Stewart memimpin lebih dari 280 sosok dari dunia seni yang mendukung untuk tetap bergabung dengan UE. Sebuah surat terbuka dukungan untuk tetap bergabung Uni Eropa ditandatangani oleh bintang-bintang musik seperti:  Hot Chip, alt-J dan Paloma Faith, pengarang Dame Hilary Mantel dan John le Carre, serta disainer fashion Dame Vivienne Westwood.

Daniel Craig dipotret dengan mengenakan kaos bertuliskan "Tidak ada orang yang bisa hidup sendiri. Tak ada negara yang bisa berdiri sendiri."  dalam Twitter.

Aktor lain yang mendukung antara lain: John Hurt, Idris Elba, Helena Bonham-Carter, aktor Game Of Thrones, Daniel Portman, Keira Knightley dan Cara Delevingne.

4.  Sir Stephen Hawking
Fisikawan tersebut juga memilih untuk tetap bergabung dengan UE dan mengatakan "kemajuan itu muncul dari kerja sama." Dia mengatakan: "Dengan bekerja sama di Eropa kita menjadikan perekonomian kita lebih kuat dan kita memberikan pengaruh pada diri kita di dunia dan kita memberikan kesempatan masa depan bagi generasi muda."

5. Bear Grylls
Presenter televisi dan petualang Bear Grylls mengatakan dengan segenap hati bahwa dia mendukung UE.

"Di waktu seperti ini Inggris mundur, lari dan memotong hubungan dengan Eropa, saat ada banyak tantangan di depan pintu kita, bagi saya ini rasanya tidak pemberani ataupun baik," katanya.

"Eropa punya banyak kekurangan, namun saya juga percaya membantu menyelesaikan banyak isu sulit adalah dari dalam... Saya tak pernah bagus menjadi orang yang mudah menyerah dan saya sangat bangga akan Inggris dan nilai-nilai kita: toleransi, kebaikan, saling menghormati, keberanian dan ketahanan. Inilah mengapa saya ingin kita tetap bersama dan tetap tinggal di Eropa."

Brexit:
1. John Cleese
Bintang "Monty Python" mengisyaratkan dia ingin memilih meninggalkan UE saat dia mencuit: "Seandainya saya pikir ada kesempatan perubahan besar di UE, saya akan memilih tetap bergabung dengan Uni Eropa. Tapi tak ada, sedih."

2. Roger Daltrey
Mantan vokalis band rock The Who menulis di The Mirror: "Apapun yang terjadi di negara kita seharusnya tak membuat kita takut akan konsekuensi pergi."

3. Elizabeth Hurley
Aktris tersebut mengatakan: "Jika itu artinya kita bisa kembali menggunakan lampu yang layak dan memilih pengering rambut dan penyedot debu bertenaga tinggi  jika kita menginginkannya, saya akan bergabung dengan Brexit, tak diragukan lagi."

4. Sol Campbell
Mantan bintang sepak bola Inggris tersebut mengatakan dia mendukung Brexit sehingga bakat-bakat olah raga muda Inggris akan terawat dan memiliki kesempatan lebih besar di klub Inggris.

"Saya melihat dari sisi olah raga - bagaimana generasi muda tidak mendapat kesempatan di beberapa klub besar dan klub besar membawa anak-anak usia 14, 15, 16 dan menjadi dilatih sendiri sehingga memaksa beberapa anak muda kita keluar."

Beberapa bintang olah raga yang setuju meninggalkan UE antara lain pemain kriket Sir Ian Botham, mantan penjaga gawang klub Inggris David James, pebalap Perry McCarthy, dan pendayung Olimpiade James Cracknell.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016