Semarang (ANTARA News) - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) mulai meningkat mendekati Lebaran ini, kata Communication and Relation PT Pertamina Marketing Operation IV Jawa Tengah dan DIY Didi Andrian Indra Kusuma.

"Jenis BBM yang mengalami peningkatan cukup signifikan adalah pertamax dan pertalite," katanya di Semarang, Jumat.

Menurut dia, peningkatan permintaan mulai terasa sejak diberlakukannya satuan petugas (satgas) pada H-15 Lebaran.

Pihaknya mencatat, dari H-15 hingga H-13 Lebaran untuk volume penjualan BBM jenis pertamax meningkat sebesar 9 persen dibandingkan konsumsi hari normal.

"Jika volume konsumsi pada saat normal sebanyak 1.800 KL/hari, pada H-15 hingga H-13 ini volume konsumsi pertamax menjadi 1.900 KL/hari," katanya.

Selanjutnya untuk volume konsumsi pertalite meningkat sebesar 20,8 persen yaitu dari 720 KL/hari di hari normal menjadi 870 KL/hari.

Selain itu, untuk volume konsumsi BBM jenis solar juga mengalami peningkatan sebesar 7 persen. Jika pada hari normal volume konsumsi sebanyak 5.100 KL/hari, sudah dua hari ini konsumsi meningkat menjadi 5.500 KL/hari.

Meski demikian, peningkatan tersebut tidak diikuti dengan peningkatan konsumsi premium. Bahkan, sudah dua hari ini tingkat konsumsi premium cenderung menurun.

Jika pada hari normal konsumsi premium sebanyak 9.000 KL/hari, sudah dua hari ini konsumsi turun menjadi 8.700 KL/hari.

Sementara itu, terkait dengan peningkatan konsumsi tersebut pihaknya belum dapat memastikan apakah hal itu berkaitan dengan arus mudik yang sudah mulai atau memang tren konsumsi BBM yang mengalami peningkatan.

"Biasanya peningkatan signifikan jelang Lebaran akan terasa mulai H-5. Untuk puncaknya akan terjadi pada H-2 Lebaran," katanya.

Pewarta: Aris Wasita Widiastuti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016