Bagi umat Muslim, Ramadhan adalah saat yang sangat tepat untuk merenung, berserah diri, mengabdi dan membantu mereka yang membutuhkan
Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini Soemarno, Jumat siang di Garut, Jawa Barat mengumpulkan para direksi 118 BUMN selain dalam rangka Safari Ramadhan 1437 H juga membuka peluang investasi di wilayah itu.

Bertajuk "Berkah Ramadan di Tanah Garut, BUMN Hadir Untuk Negeri", Rini tiba sekitar pukul 12:00 WIB langsung menggunjungi sejumlah BUMN yang ada di Garut, mulai dari PLTP Bukit Kamojang, sentra industri hingga kantor-kantor perwakilan BUMN.

Seusai berkeliling Garut, Rini langsung menuju Kantor Karesidenan Kabupaten Garut, yang datang bersama dengan Bupati Garut Rudy Gunawan yang sudah ditunggu oleh sejumlah Dirut BUMN, antara lain Dirut Pertamina Dwi Sutjipto, Dirut Telkom Alex J Sinaga, Dirut PGN Hendi P Santoso, Dirut Pupuk Indonesia Aas Asikin.

Selanjutnya Direktur Utama Perum Pegadaian Riswinandi, Dirut Waskita Karya A. Choliq, Direktur Bank BNI Achmad Baiquini, Direktur Utama Taspen Iqbal Latantro, Dirut Bank BRI Asmawi Syam dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Garut Rudy Gunawan memaparkan Pemerintah Kabupaten Garut, potensi ekonomi dan investasi sekaligus mengundang BUMN untuk meningkatkan penanaman modal di wilayah itu.

Setelah mendengarkan paparan, Rini bersama ratusan direksi BUMN, meninjau pasar murah BUMN di Alun-alun Kota Garut di depan Masjid Agung Garut.

Pada kesempatan itu, BUMN menyediakan paket sembako senilai Rp150.000 per paket yang dijual hanya senilai Rp25.000 per paket. Setiap paket yang dijual berisikan 10 kg beras, 2 kg gula dan 2 liter minyak goreng.

"Bagi umat Muslim, Ramadhan adalah saat yang sangat tepat untuk merenung, berserah diri, mengabdi dan membantu mereka yang membutuhkan," ujar Rini.

Di tempat yang sama juga diserahkan bantuan CSR dari sejumlah BUMN antara lain, PT Pertamina meyumbang satu unit mobil jenazah untuk Masjid Agung Garut, PT Jasa Raharja satu unit mobil ambulans diserahkan kepada RSUD Garut, PT PGN membangun sumur artesis untuk Masjid Agung Garut.

Selanjutnya PT Bank Mandiri memberikan 2 buah kipas angin, 1 buah AC dan 3 unit blower yang diserahkan kepada Masjid Agung Garut, 3 unit motor sampah roda tiga kepada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Garut, dan 4 unit mesin jahit dan 1 unit mesin obras untuk organisasi PKK Kabupaten Garut.

PT Pegadaian berupa sumur artesis yang akan diserahkan ke DesaTanjung Jaya, PT Taspen 2 buah motor sampah, PT Telkom 5 unit komputer yang terhubung internet dan multimedia projector yang akan diserahkan kepada Pondok Pesantren Nurul Huda, dari PT Bank BRI mesin pembuatan batako, PT Jasindo bantuan renovasi tempat wudhu wanita di Masjid Agung Garut.

PT PIHC berupa 5000 zak semen untuk Pondok Pesantren Nurul Huda, PT Bank Negara Indonesia berupa bantuan senilai Rp250 juta untuk Pondok Pesantren Salafiyah Insitisyatul Ulum, Yayasan Az-Zakariya, bantuan senilai Rp100 juta untuk pembangunan Masjid Nurul Hakim Polres Garut.

Usai menyaksikan pemberikan bantuan dan santunan, Rini mengikuti tabligh akbar di Masjid Agung Garut, yang dihadiri sekitar 3.000 peserta termasuk para yatim piatu penerima bantuan.

Menghadirkan Ustaz Jaka Tingkir, acara tabligh akbar dilanjutkan dengan buka puasa bersama di Masjid Agung Garut, disusul makan malam.

Malamnya, Menteri BUMN Rini M. Soemarno dijadwalkan melaksanakan Sholat Tarawih di Mushola Al-Ikhsan yang berlokasi di Kantor Karesidenan Unit Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah IV Provinsi Jawa Barat.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016