Kendal (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian menjamin ketersediaan stok bahan makanan untuk masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri 1427.

"Mestinya harga dan distribusi terjamin, saya rasa harusnya nggak ada masalah buat kebutuhan masyarakat," kata Menperin Saleh Husin saat meninjau bazaar minyak di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Jumat (24/6) yang diselenggarakan oleh pemerintah dan Sinar Mas.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak perlu khawatir akan kekurangan pasokan kebutuhan pokok selama bulan puasa hingga Lebaran.

Pemerintah mendorong produsen, khususnya minyak goreng, untuk terus mendistribusikan produknya agar tidak ada gejolak sehingga mengganggu harga.

"Saya sudah memberikan surat edaran kepada kepala daerah agar bersama para produsen menjaga kestabilan minyak goreng."

Bazaar minyak goreng yang diadakan oleh Sinar Mas ini menerapkan sistem kupon dan berharga 50 persen dari harga pasar.

Managing Director Sinar Mas G. Sulistiyanto mengatakan lebih dari 10 ribu liter minyak goreng disalurkan di dua acara yang berbeda di Kendal.

“Selama ini kami telah memberikan dukungan bagi rangkaian kegiatan bazar, yang hingga tahun ini telah berhasil menyalurkan sebanyak 30 juta liter minyak goreng bagi masyarakat di berbagai daerah,” kata dia.

Hingga saat ini, Sinar Mas telah menyalurkan sekitar 310 ribu liter minyak goreng kemasan.

Pada kesempatan tersebut, selain meninjau bazar, Menteri Saleh juga menyerahkan Al Qur’an dan Juz’amma secara simbolis masyarakat. Jumlah Al Qur'an yang diwakafkan Sinar Mas sebanyak 200 buah dan Juz'Amma mushaf Al Qur'an 50 buah.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016