Semarang (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang menyiapkan tiga kereta api (KA) tambahan untuk melayani penumpang pada masa angkutan Lebaran 1437 Hijriah.

Kepala PT KAI Daops IV Semarang Andika Tri Putranto di Semarang, Jumat, menyebutkan tiga KA tambahan yang disiapkan itu, yakni KA Tawang Jaya Lebaran, KA Argo Muria Lebaran, dan KA Argo Sindoro.

Usai Apel Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran 2016 di Stasiun Tawang, ia menyebutkan ketiga KA tambahan itu melayani rute Semarang-Jakarta PP, baik di Stasiun Pasar Senen maupun Stasiun Gambir.

Untuk KA Tawang Jaya Lebaran yang melayani jurusan Stasiun Tawang Semarang-Stasiun Pasar Senen, Jakarta PP akan menarik sebanyak 14 gerbong dengan kapasitas 1.792 penumpang.

Sementara KA Argo Muria Lebaran dan KA Argo Sindoro sama-sama melayani rute Stasiun Tawang Semarang-Stasiun Gambir, Jakarta PP dengan kapasitas penumpang masing-masing mencapai 900 orang.

"Kami prediksikan lonjakan penumpang pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini mencapai 6-7 persen di H-3 Lebaran. Sebanyak 400 kursi untuk kelas eksekutif juga akan ditambah," katanya.

Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Gatut Sutiyatmoko menambahkan sebenarnya ada tujuh KA tambahan yang melewati wilayah Daops IV Semarang pada masa angkutan Lebaran pada tahun ini.

Namun, kata dia, sebanyak empat KA tambahan lainnya bukan armada milik Daops IV Semarang, yakni KA Sembrani Lebaran, KA Matarmaja Lebaran, KA Kertajaya Lebaran, dan KA Mantap Lebaran.

PT KAI menetapkan masa angkutan Lebaran 2016 selama 22 hari, yakni mulai 24 Juni 2016 (H-12) hingga 17 Juli 2016 (H+10) dengan puncak perkiraan arus balik pada Minggu, 10 Juli 2016 (H+3).

Secara keseluruhan, Gatut menyebutkan Daops IV Semarang menyiapkan sebanyak 34 KA reguler dengan total 15.412 penumpang, ditambah KA tambahan yang akan melintas di wilayah Daops IV Semarang.

"Prediksi kami, ada peningkatan (jumlah, red.) penumpang pada angkutan Lebaran tahun ini menjadi 393.335 penumpang dibandingkan Lebaran tahun lalu sebanyak 371.091 penumpang," pungkasnya.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016