Jakarta (ANTARA News) - LOT Polish Airlines memulai penerbangan langsung dari Warsawa ke Denpasar, Bali menandai momen yang bersejarah bagi dunia pariwisata Indonesia-Polandia.

Siaran pers KBRI Warsawa yang diterima di Jakarta Jumat menyebutkan pesawat berbadan lebar Boeing 787 Dreamliner itu membawa 251 wisatawan mancanegara ke Indonesia dan penerbangan pertama itu pada Kamis (23/6) merupakan suatu tanda yang positif bagi dunia pariwisata Indonesia terutama dari wilayah Eropa Tengah dan Timur.

Dubes RI untuk Polandia, Peter Frans Gontha dan anggota dewan direksi perusahaan LOT Polish Airlines, Stefan Malczewski melepas penerbangan pertama itu di Bandar Udara Chopin, Warsawa.

Malczewski menyampaikan kepada para penumpang bahwa mereka mendapat suatu kehormatan karena Dubes RI berada bersama mereka dan melepas keberangkatan mereka ke Indonesia.

Kepada para penumpang, Dubes Gontha menyampaikan kegembiraannya dengan animo masyarakat Polandia yang luar biasa untuk berlibur ke Indonesia.

Dubes Gontha mengucapkan selamat menikmati liburan di Indonesia.

"Banyak pihak yang tidak percaya mengenai potensi wisman dari wilayah Eropa Tengah dan Timur. KBRI akan tetap dan selalu mencoba pasar baru bagi Indonesia," ujar Dubes Gontha setelah melepas penerbangan tersebut.

Bersama pihak LOT, KBRI Warsawa membagikan pin Wonderful Indonesia kepada para penumpang saat mereka selesai melakukan check-in.


Sapa Penumpang

Dubes RI menyapa setiap penumpang dan memberikan rangkaian bunga kepada penumpang pertama dan terakhir yang masuk pesawat. Tak ketinggalan, pilot pesawat juga mendapat cendera mata/souvenir dari KBRI Warsawa yang diberikan langsung di cockpit oleh Dubes Gontha.

Para penumpang terlihat terkejut dengan adanya acara penglepasan itu dan menyampaikan kegembiraan mereka atas perhatian Pemerintah Indonesia. Mereka juga gembira dapat bertemu langsung dengan Dubes RI, dan banyak dari mereka yang meminta untuk dapat berfoto bersama dengan Dubes RI.

Kondisi keamanan di negara-negara tujuan wisata masyarakat Polandia membuat mereka mencari alternatif tempat wisata lain yang menjanjikan 3S (Sea, Sand, Sun), yang sekarang menjadi 4S, ditambah dengan Security atau Safety. Di samping itu, penerbangan langsung merupakan suatu pertimbangan utama bagi masyarakat Polandia maupun negara-negara di kawasan Eropa Tengah dan Timur,untuk bepergian jauh

Penerbangan sewa ini merupakan kerja sama Rainbow Tours (Polandia) dan Panorama Destination (Indonesia). Boeing 787 Dreamliner dengan kapasitas 260 penumpang ini akan terbang langsung Warsawa-Denpasar setiap dua minggu hingga Maret 2017, dan terdapat rencana untuk diperpanjang hingga musim dingin tahun depan. 

Pewarta: Mohammad Anthoni
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016