Garut (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini Soemarno galang seluruh BUMN yang berjumlah 118 perusahaan untuk menggelar pasar murah dan pemberian santunan kepada anak yatim piatu yang dilakukan secara serentak di 538 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Program yang dibalut dalam Safari Ramadan 1437 H itu dipusatkan di Kantor Karesidenan Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat, yang juga dihadiri Bupati Garut Rudy Gunawan, Deputi BUMN dan sebagian besar Direksi BUMN.

Kegiatan diawali mendengarkan paparan Bupati Garut Rudy Gunawan terkait program-progam Pemerintah Kabupaten Garut, paparan potensi ekonomi dan investasi sekaligus mengundang BUMN untuk meningkatkan penanaman modal di wilayah itu.

Selanjutnya Rini bersama ratusan direksi BUMN, meninjau pasar murah BUMN di Alun-alun Kota Garut di depan Masjid Agung Garut.

Pada kesempatan itu, BUMN menyediakan paket sembako senilai Rp150.000 per paket yang dijual hanya senilai Rp25.000 per paket. Setiap paket yang dijual berisikan 10 kg beras, 2 kg gula dan 2 liter minyak goreng.

"Bagi umat muslim, Ramadan adalah saat yang sangat tepat untuk merenung, berserah diri, mengabdi dan membantu mereka yang membutuhkan," ujar Rini.

Selanjutnya, Rini mengikuti tabligh akbar di Masjid Agung Garut, yang dihadiri sekitar 3.000 peserta termasuk para yatim piatu penerima bantuan.

Ia rangkaian kegiatan tersebut merupakan komitmen BUMN menjalankan tanggungjawab sosial (corporate social responsibility), sebagai bagian dari pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan bagi BUMN di bawah koordinasi Kementerian BUMN.

Selain itu di seluruh Indonesia juga digelar bakti sosial, sunatan masal, bantuan sarana pendidikan, pemberian bingkisan lebaran, bantuan sarana dan prasarana peribadatan, pembagian takjil ramadan, dan "Mudik Bersama BUMN" dengan total nilai Rp55,4 miliar.

Dengan demikian total bantuan BUMN yang diberikan kepada masyarakat di seluruh Indonesia selama bulan Ramadan berjumlah sekitar Rp139,88 miliar.

Kegiatan Safari Ramadhan BUMN ini diharapkan dapat membantu meringankan dan berbagi dengan masyarakat yang kurang beruntung kurang lebih 750.000 kepala keluarga dan anak-anak yatim di seluruh kabupaten di Indonesia.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016