Washington (ANTARA News) - Sedikitnya 14 orang, termasuk anak lelaki berusia delapan tahun, tewas akibat banjir bandang di Negara Bagian West Virginia, Amerika Serikat, kata Gubernur Earl Ray Tomblin pada Jumat (24/6), menyebut banjir itu sebagai "termasuk yang paling parah dalam satu abad bagi beberapa bagian negara bagian itu".

Kerugian tersebar dan kondisi wilayah tersebut porak-poranda, sementara jumlah korban jiwa bisa bertambah, kata Tamblin kepada wartawan, menyatakan misi pencarian dan pertolongan tetap menjadi prioritas utama.

Keadaan darurat sudah diumumkan di 44 dari 55 kabupaten di negara bagian itu, demikian laporan ABC News.

Upaya penyelamatan masih berlangsung untuk menyelamatkan 500 orang, termasuk pegawai dan pelanggan yang telah terjebak di dalam satu mal sejak Kamis sore (23/6), setelah satu jembatan yang menghubungkan pusat perbelanjaan itu dengan jalan utama ambruk dan hanyut diterjang air.

Hujan dengan intensitas delapan sampai 10 inci mengguyur beberapa wilayah di West Virginia selama enam sampai delapan jam menurut Badan Cuaca Nasional, menyebut curah hujan sebanyak itu dalam waktu singkat adalah "satu peristiwa dalam seribu tahun", demikian seperti dilansir kantor berita Xinhua.(Uu.C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016