Mudah-mudahan acara ini bermakna, dan mampu menumbuhkan ikatan persaudaraan yang kuat. Salam persaudaraan dan pluralisme."
Purwakarta (ANTARA News) - Sejumlah jemaat Gereja Kristen Pasundan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, ikut menggelar kegiatan buka puasa bersama anak yatim serta membagi-bagikan takjil gratis kepada masyarakat yang menjalankan ibadah puasa.

Agenda kerja sama lintas komunitas dalam rangka Ramadhan Toleran digelar di bawah patung mantan Presiden RI Abdulrahman Wahid atau Gus Dur, di Jalan Baru, Purwakarta, Sabtu.

Kepala Gereja Kristen Pasundan (GKP) Purwakarta, Pdt Adama Sihite mengaku bersyukur bisa berpartisipasi dalam acara buka puasa bersama anak yatim dan kalangan wartawan di Purwakarta.

"Bagi kami, kesempatan yang diberikan adalah kesempatan berbagi kasih dengan saudara-saudara sekalian. Momen ini kiranya mempererat ikatan persaudaraan, saling menghormati dan menghargai keberagaman," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut dinilai spesial, karena digelar di bawah patung Gus Dur, yang selama ini dikenal sebagai Bapak Toleran Indonesia.

"Mudah-mudahan acara ini bermakna, dan mampu menumbuhkan ikatan persaudaraan yang kuat. Salam persaudaraan dan pluralisme," kata dia.

Ketua Panitia Acara Adi Kurniawan Tarigan yang juga jurnalis di Purwakarta mengatakan, substansi agenda itu ialah untuk menyebarkan kisah-kisah inspirasi soal kerjasama lintas komunitas agama di bulan suci Ramadhan.

"Kerjasama lintas komunitas ini perlu agar Indonesia tetap kokoh, sebagaimana prinsip gotong royong yang lama didengungkan para pendiri bangsa. Peran media justru harus mengabarkan keharmonisan dalam keberagaman ini, bukan mengabarkan perbedaan untuk membuat konflik," katanya.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016