Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional sepakbola Portugal tetap menurunkan duet penyerang lincah Cristiano Ronaldo dan Luis Nani saat menghadapi Kroasia pada babak 16 besar Euro 2016 di Bollaert-Delelis, Lens, Prancis, Minggu dini hari WIB.

Pelatih Portugal, Fernando Santos, tidak ragu untuk terus menurunkan duet Nani dan Ronaldo kendati tim berjuluk Seleccao itu belum menghasilkan kemenangan dari tiga laga di fase grup.

Santos juga tidak mengubah skema formasi 4-4-2 yang selalu digunakan sejak awal turnamen empat tahunan di belahan Benua Biru itu.

Pada laga kali ini Santos tidak memainkan Ricardo Quaresma dan Joao Moutinho, adapun posisi kedua pemain itu digantikan Adrien Silva dan Joao Mario.

Ronaldo sudah pasti menjadi pemain yang paling disorot pada laga ini, namun duet gelandang Kroasia antara lain Luca Modric dan Ivan Rakitic juga menarik untuk disimak.

Dua gelandang andalan Real Madrid dan Barcelona itu kemungkinan akan menjadi momok bagi lini tengah Portugal yang hanya menurunkan dua gelandang tengah antara lain, William Carvalho dan Adrien Silva.

Jose Fonte dan Pepe akan menjadi dua bek yang menjaga jantung pertahanan Portugal dari gempuran Kroasia yang akan dilancarkan trio gelandang serang Marcelo Brozovic, Ivan Rakitic dan Ivan Perisic.

Sebaliknya dua bek tengah Kroasia, Domagoj Vida dan Vedran Ćorluka tidak boleh terlalu jauh meninggalkan posisinya jika tidak ingin gawangnya diancam kecepatan Ronaldo dan Nani.

Kroasia lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup D, sementara Portugal menjadi peringkat tiga terbaik dari grup F dengan tiga kali meraih hasil imbang tanpa kemenangan.

Pemenang laga ini sudah ditunggu Polandia di babak perempatfinal yang berhasil menyingkirkan Swiss lewat adu penalti.

Pertandingan ini akan dipimpin wasit asal Spanyol Carlos Velasco.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Kroasia (4-2-3-1):
Danijel Subasic (G), Ivan Strinic, Domagoj Vida, Vedran Ćorluka, Darijo Srna, Luka Modric, Milan Badelj, Marcelo Brozovic, Ivan Perisic, Ivan Rakitic, Mario Mandzukic.
Pelatih: Ante Cacic.

Portugal (4-4-2) : Rui Patrício (G), Cedric, Pepe, José Fonte, Raphael Guerreiro, William Carvalho, Adrien Silva, Joao Mario, Andre Gomes, Cristiano Ronaldo, Luis Nani.
Pelatih: Fernando Santos.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016