Jakarta (ANTARA News) - Laga 16 besar Piala Eropa 2016 antara tim nasional sepakbola Portugal dan Kroasia terpaksa dilanjutkan ke babak tambahan waktu menyusul kedudukan imbang 0-0 selama 90 menit pada laga yang digelar di Bollaert-Delelis, Lens, Prancis, Minggu dini hari WIB.

Pada babak pertama Portugal lebih banyak melancarkan serangan cepat lewat sisi sayap sementara Kroasia bermain lebih sabar dengan umpan-umpan pendek dari lini tengah ke depan.

Adapun di awal babak kedua, pelatih Portugal melakukan perubahan taktik dengan memainkan Renato Sanches untuk menggantikan Andre Gomes.

Kroasia mengancam gawang Portugal lewat kerjasama "satu-dua" antara Ivan Strinic dan Mario Mandzukic yang diselesaikan sepakan Brozovic, namun tidak berbuah gol pada menit 52.

Sebaliknya, Renato Sanches juga bermain umpan "satu-dua" dengan Joao Mario kemudian melepaskan tendangan yang melebar ke sisi kanan gawang Kroasia pada menit 58.

Kroasia kembali memiliki peluang matang melalui tendangan bebas Darijo Srna yang ditanduk Domagoj Vida pada menit 62, namun tidak ada gol yang tercipta.

Renato Sanches yang masuk di babak kedua kerap menggiring bola melintasi tengah lapangan kemudian melepaskan umpan tarik ke sisi sayap yang membuat beberapa pemain Kroasia kerepotan.

Menjelang babak kedua berakhir Portugal memainkan Quaresma menggantikan Joao Mario, sementara Krosia menurunkan Nikola Kalinic menggantikan Mario Mandzukic. Skor 0-0 bertahan hingga laga babak kedua usai.

Statistik UEFA mencatat Kroasia unggul 59 persen berbanding 41 persen penguasaan bola dengan delapan sepakan ke pertahanan Portugal, sementara Ronaldo dan kolega hanya menghasilkan tiga peluang.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Kroasia (4-2-3-1):
Danijel Subasic (G), Ivan Strinic, Domagoj Vida, Vedran Ćorluka, Darijo Srna, Luka Modric, Milan Badelj, Marcelo Brozovic, Ivan Perisic, Ivan Rakitic, Mario Mandzukic (Nikola Kalinic).
Pelatih: Ante Cacic.

Portugal (4-4-2) : Rui Patrício (G), Cedric, Pepe, José Fonte, Raphael Guerreiro, William Carvalho, Adrien Silva, Joao Mario (Quaresma), Andre Gomes (Sanches), Cristiano Ronaldo, Luis Nani.
Pelatih: Fernando Santos.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016