Saya sangat tidak puas saat melawan Irlandia Utara ..."
Lille (ANTARA News) - Pelatih tim nasional sepakbola Jerman Joachim Loew meminta pasukannya bermain lebih tajam dan dominan untuk memaksimalkan peluang saat menghadapi Slowakia pada 16 besar Piala Eropa 2016 di Lille, Minggu.

Jerman yang berstatus juara dunia lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup C setelah mengalahkan Ukraina dan Irlandia Utara serta seri melawan Polandia.

Kendati tidak kebobolan pada tiga laga tersebut, namun kinerja lini serang Der Panzer dalam sorotan karena cuma mencetak tiga gol dari 26 peluang.

"Saya sangat tidak puas saat melawan Irlandia Utara, itu sangat jelas, demikian juga dengan para pemain. Kami tak bisa membiarkan begitu banyak peluang lagi karena kami tidak akan memilikinya lagi," kata Loew pada konferensi pers di Stade Pierre-Mauroy dilansir dari AFP, Sabtu waktu setempat.

Meskipun menjadi juara grup, Jerman akan menghadapi lawan berat jika lolos ke perempatfinal karena akan bertemu laga pemenang antara Spanyol atau Italia.

Namun untuk menuju ke sana, Jerman harus melewati hadangan Slowakia yang pernah mereka kalahkan di laga persahabatan dengan skor 3-1 di Augsburg pada empat pekan lalu.

"Slovakia tim yang berbeda dengan Irlandia Utara. Saya pikir mereka jauh lebih kuat," ujar Loew.

Ia menimpali, "Kami menyadari kualitas mereka. Mereka bagus dalam bertahan dan kami tidak akan punya banyak ruang untuk bermain atau mencetak peluang, tidak sebanyak seperti yang kami dapat saat melawan Irlandia Utara."

Slowakia pertama kali lolos ke putaran final Piala Eropa sebagai negara merdeka. Mereka masuk ke babak 16 besar sebagai salah satu tim urutan ketiga terbaik setelah menahan imbang Inggris.

"Pada babak grup saya sangat terkejut dengan mereka dan mereka bermain sangat baik melawan kami di Augsburg. Mereka punya pemain bertahan berpengalaman namun kami punya cara untuk mengatasi itu lebih baik dari Inggris," katanya.

Loew harus memutuskan apakah mempertahankan Mario Gomez, yang mencetak gol kemenangan melawan Irlandia Utara, atau menurunkan Mario Goetze.

Sementara itu, Jerome Boateng sudah kembali berlatih pada Sabtu setelah pulih dari cedera betis yang didapatkannya pada laga melawan Irlandia Utara.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016