Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi guna memastikan kesiapan penyelenggaraan haji 1437H/2016M.

"Saya ingin memastikan kesiapan dan persiapan operasional haji 1437H, termasuk mengecek kesiapan pelayanan pemondokan untuk jamaah haji di Mekkah dan Madinah" ungkap Menag Lukman sesaat setelah mendarat di Bandara King Abdul Aziz Internasional Airport (KAAIA), Jeddah, Sabtu (25/6) sore.

Didampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Abdul Djamil, dan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, setiba di Jeddah, Menag langsung menuju Kantor Urusan Haji di Jeddah, Arab Saudi. 

Lukman kembali menekankan pentingnya menentukan masalah prioritas yang harus diselesaikan sekaligus alternatif solusi jika terjadi kendala. Ia juga menegaskan segala aspek operasional haji harus aman dari segi regulasi dan akuntabel.

"Segala aspek operasional yang berkaitan dengan penyelenggaraan ibadah haji harus dipastikan berjalan aman dari segi regulasi dan akuntabel. Tentukan masalah prioritas yang segera diselesaikan sekaligus membuat alternatif solusi saat terjadi kendala," tegas Lukman dalam rapat yang dihadiri seluruh staf Teknis Urusan Haji di Jeddah, seperti dikutip laman kemenag.go.id, Minggu.

Ia juga mengingatkan bahwa dalam persoalan diplomasi dan lapangan, harus melibatkan Kedutaan Besar RI di Arab Saudi. Menurutnya, semakin banyak yang memikirkan semakin bagus. 

Dalam kunjungan ke Arab Saudi kali ini, Menag dijadwalkan akan bertemu pihak Muassasah, Deputi Menteri Haji Bidang Informasi di Jeddah, dan Menteri Haji Dr. Mohammad Saleh Bin Taher di Mekkah.

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016