Madiun (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi VII Madiun menyiapkan satu kereta api (KA) tambahan untuk melayani penumpang pada masa angkutan Lebaran 1437 Hijriah.

Manajer Humas PT KAI Daop VII Madiun Supriyanto di Madiun, Minggu, menyebutkan satu KA tambahan yang disiapkan tersebut adalah KA Mantap Lebaran.

"Kereta tambahan tersebut melayani rute Madiun-Pasar Senen, Jakarta PP yang terdiri atas sembilan rangkaian dengan kapasitas tempat duduk 960 penumpang," ujar Supriyanto kepada wartawan.

Ia menjelaskan sebenarnya ada lima KA tambahan yang melewati wilayah Daop VII Madiun pada masa angkutan lebaran tahun ini.

Namun, sebanyak empat KA tambahan lainnya bukan armada milik Daop VII Madiun, yakni KA Pasundan Lebaran, KA Matarmaja Lebaran, KA Gajayana Lebaran, dan KA Sancaka Lebaran.

"Secara total KA tambahan lebaran yang melintas di wilayah Daop VII Madiun ada lima KA. Satu armada dari Daop Madiun dan empat lainnya bukan," katannya.

Dari lima KA tambahan tersebut, tiga KA di antaranya bertujuan akhir di Jakarta dan dua KA lainnya bertujuan akhir Bandung.

Ia mengatakan, pengoperasian kereta tambahan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama arus mudik dan balik lebaran.

Secara umum, PT KAI menetapkan masa angkutan Lebaran 2016 selama 22 hari, yakni mulai tanggal 24 Juni 2016 (H-12) hingga 17 Juli 2016 (H+10).

DGuna pengamanan, PT KAI Daop VII Madiun menyiagakan 1.000 lebih petugas gabungan dari internal PT KAI, TNI, Polri, dan polsuska yang akan ditempatkan di seluruh stasiun yang ada di wilayah daop setempat.

Perbaikan dan pemeliharaan jalur lintasan kereta api juga telah dilakukan sehingga saat masa angkutan lebaran sudah dapat dilalui kereta. "Berbagai persiapan sudah dilakukan. PT KAI siap melayani masa angkutan Lebaran tahun ini," kata dia.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016