Jakarta (ANTARA News) - Timnas Jerman tidak menemui rintangan berarti untuk lolos ke delapan besar (perempatfinal) Euro 2016 usai melibas Slowakia dengan skor 3-0 pada babak 16 di Stadion Pierre Mauroy, Lille, Prancis, Minggu.

Tiga gol kemenangan Jerman dicetak tiga pemain dari posisi yang berbeda-beda. Pemain bertahan Jerome Boateng dan striker Mario Gomez mencetak gol pada babak pertama, adapun gelandang Julien Draxler menambah keunggulan di babak kedua.

Statistik UEFA mencatat Der Panzer menguasai 58 persen berbanding 42 persen penguasaan bola dengan 19 total sepakan sementara Slowakia hanya melepaskan 7 tendangan sepanjang 90 menit laga itu.

Baca Juga : Joachim Loew belum puas dengan penampilan Jerman

Jerman akan menghadapi pemenang laga antara Spanyol dan Italia di Bordeaux pada 2 Juli untuk babak perempatfinal. Sementara Slowakia menyusul Kroasia, Swiss, Irlandia, dan Irlandia Utara angkat kaki dari Piala Eropa 2016.

Pada jalannya laga, Jerman sudah unggul 1-0 saat laga berumur delapan menit lewat sepakan kaki kanan Jerome Boateng dari luar kotak penalti yang meluncur masuk ke sudut kiri gawang Slowakia.

Wasit Szymon Marciniak asal Polandia memberikan hadiah penalti untuk pasukan Joachim Loew akibat pelanggaran Martin Skrtel tertangkap melanggar terhadap Mario Gomez pada menit 13.

Sayang, tendangan 12 pas yang dilancarkan Mesut Ozil mampu terbaca oleh kiper Slowakia Kozacik sehingga Jerman gagal menambah gol.

Mario Gomez membawa Jerman unggul 2-0 usai menerima umpan tarik Julian Draxler yang merangsek ke dalam kotak penalti pada menit 43. Skor 2-0 bertahan hingga jeda babak pertama.

Pada awal babak kedua Slowakia memasukan Jan Gregus untuk menggantikan Vladimir Weis.

Pasukan Jan Kozak pun bermain lebih terbuka dengan umpan-umpan panjang yang ditujukan kepada Juraj Kucka dan Duris di lini depan.

Slowakia memiliki peluang emas untuk memperkecil ketertinggalan saat Hamsik yang berada di kotak penalti Jerman memberikan umpan kepada Juraj Kucka, sayang sepakannya mengarah tepat ke tangan Manuel Neuer pada menit 49.

Hamsik juga tidak mampu memaksimalkan dua tendangan bebas dari jarak yang potensial untuk mencetak gol pada menit 53 dan 57. 

Baca Juga : Hamsik: Slowakia harus bangga meskipun tersingkir

Sebaliknya, Jerman kembali menambah keunggulan menjadi 3-0 lewat aksi Julien Draxler memaksimalkan situasi kemelut di mulut gawang Sliwakia pada menit 63.

Unggul tiga gol, Joachim Loew mengistirahatkan tiga pemain kunci Boateng, Khedira, dan Julian Draxler  untuk digantikan Hoewedes, Schweinsteiger dan Podolski.

Menjelang laga selesai Jerman memiliki dua peluang lewat Jonas Hector dan Toni Kroos namun skor 3-0 bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Jerman (4-2-3-1):
Manuel Neuer(G), Jonas Hector, Hummels, Boateng (Hoewedes), Kimmich, Sami Khedira (Schweinsteiger), Toni Kroos, Ozil, Julian Draxler (Podolski), Thomas Meller, Mario Gomez
Pelatih: Joachim Löw

Slowakia (4-3-3): Matus Kozacik(G), Pekarík, Martin Skrtel, Durica, Gyomber; Patrik Hrosovsky, Skriniar, Marek Hamsik; Vladimir Weiss (Gregus), Juraj Kucka, Michal Duris (Sestak).
Pelatih: Jan Kozak.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016