Madrid (ANTARA News) - Lebih dari 100 imigran mencoba melompat pagar perbatasan dari Maroko menuju daerah kantung Spanyol, Melilla, pada Minggu (26/6), dengan 30 orang di antaranya berhasil menyeberang, kata Irene Flores, juru bicara pemerintah setempat.

Flores mengatakan sekelompok imigran yang terdiri dari sekitar 120 orang dari Sub-Sahara Afrika menyerbu pagar setinggi enam meter tersebut pada Minggu pagi.

"Hanya 30 orang yang berhasil melewati seluruh sistem dan masuk ke Melilla,” katanya, menambahkan bahwa mereka sudah mendatangi pusat imigran dan pengungsi setempat.

Melilla dan Ceuta, daerah kantung Spanyol yang jaraknya hampir 400 kilometer, selama beberapa tahun terakhir menjadi titik bagi imigran Afrika untuk mencoba memasuki Spanyol, dengan otoritas meningkatkan keamanan dengan cara memperkuat penghalang perbatasan.

Sistem perbatasan di Melilla terdiri dari dua pagar setinggi enam meter, dengan jalinan kabel baja menyilang di antara keduanya.

Insiden pada Minggu tersebut merupakan upaya melewati pagar yang ke 10 tahun ini, dengan sekitar 50 imigran berhasil masuk ke Melilla, kata Flores, seperti dilaporkan AFP.

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016