Mereka memiliki cara khusus dalam bermain dan itu sangat efektif. Kami harus berhati-hati menghadapi hal ini
Paris (ANTARA News) - Bos Timnas Spanyol Vicente del Bosque memang tak mengharapkan bisa mengulang kemenangan 4-0 atas Italia pada final empat tahun lalu ketika kedua tim bertemu kembali pada 16 Besar Euro 2016 Senin malam nanti.

Spanyol menghancurkan Italia pada salah satu final paling tak seimbang dalam sejarah kompetisi ini pada Euro 2012 untuk memastikan mereka merengkuh trofi Eropa kedua kali berturut-turut dan menegaskan status mereka sebagai tim dominan di dunia.

Namun Del Bosque mengaku tak bisa memprediksi seperti apa pertandingan melawan Italia nanti itu.

"Saya kira pertandingan itu dikondisikan oleh banyak hal, di luar itu Italia sangat kelelahan. Mereka bukan Italia yang sesungguhnya, berbeda dengan Italia yang sekarang. Saya kira mereka jauh lebih baik. Mereka sungguh kelelahan ketika mencapai final (2012) dan kami memetik manfaatnya," kata dia seperti dikutip Reuters.

Kemenangan Spanyol pada 2012 adalah unjuk brutal pertandingan umpan satu dua yang menghancurkan pada tingkat terbaiknya.  Namun sejak itu Spanyol tak stabil dengan puncaknya tersingkir dari Piala Dunia 2014 sejak fase grup. Reputasi mereka sebagai kekuatan yang tak tersentuh pun sirna.

Italia masuk Euro edisi tahun ini dengan sedikit yang memperkirakan mereka akan sukses. Namun dengan skuad penuh pemain berumur dan sedikit bakat, mereka malah bisa melakukan yang terbaik dengan membangun tim yang memiliki pertahanan sangat tangguh.

"Mereka memiliki cara khusus dalam bermain dan itu sangat efektif. Kami harus berhati-hati menghadapi hal ini, kami harus berhati-hati mengenai gaya organisasi mereka...Tidak ada perbedaan sangat jauh antara kedua tim, kita akan menyaksikan di lapangan siapa yang lebih baik."

Pertemuan Senin malam nanti adalah pertemuan keempat kedua tim pada tiga Piala Eropa terakhir dan keenam secara total, sehingga mereka menjadi tim yang paling sering bertemu pada Piala Eropa.

Spanyol berada di atas angin pada beberapa pertemuan terakhir di mana Italia tidak pernah mengalahkan mereka dalam arena kompetitif sejak Piala Dunia 1994 manakala mereka menang 2-1 pada perempatfinal di mana saat itu pelatih Italia sekarang Antonio Conte menjadi starter, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016