Mereka sudah memenangkan hati rakyat Islandia berkat penampilan mereka. Saya kira dengan performa bagus melawan Inggris mereka akan selalu menjadi pemenang
Nice, Prancis (ANTARA News) - Pelatih Islandia Heimir Hallgrimsson menyamakan timnya dengan pasukan tentara, menjelang laga melawan Inggris pada 16 Besar Euro 2016 Selasa dini hari nanti.

Islandia adalah negara paling kecil yang turut dalam turnamen ini dengan jumlah penduduk hanya 332.000 atau sebanyak penduduk Leicester yang baru saja memenangkan gelar juara Liga Utama Inggris.

Jumlah pemain sepak bola yang bermain di Inggris lima kali lebih banyak dari jumlah penduduk Islandia. Tetapi dengan fakta seperti itu pun Islandia berhasil menjadi runner up Grup F setelah seri 1-1 masing-masing melawan Portugal dan Hungaria, dan menang 2-1 dari Austria. Islandia tidak omong besar.

"Kami punya tentara yang sangat sedikit. Kami sangat mungkin dengan mudah dikalahkan jika terjadi perang. Oleh karena itu para pemain ini adalah (laksana) tentara Islandia," kata Hallgrimsson. "Dan itulah mengapa semua orang mendukung mereka, Anda mungkin dapat mengorelasikan hal itu dengan memiliki sepasukan tentara."

Islandia adalah satu dari sedikit negara tanpa tentara kendati menjadi anggota NATO.

"Ini pertandingan harus menang. Mereka sudah memenangkan hati rakyat Islandia berkat penampilan mereka. Saya kira dengan performa bagus melawan Inggris mereka akan selalu menjadi pemenang," kata Hallgrimsson yang melatih Islandia bersama orang Swedia Lars Lagerback.

"Andai mereka mengalahkan Inggris, nasib mereka dan kami semua akan berubah, reputasi sepak bola Islandia akan naik dan cara kami mendekati sepak bola akan berbeda," kata Hallgrimsson.

Dia menambahkan, "Dalam kehidupan, Anda harus memanfaatkan kesempatan dan tidak ada kesempatan lebih besar dari ini bagi sepak bola Islandia. Ke mana pun arah pertandingan, para pemain Islandia sudah menjadi pemenang."

Islandia menciptakan gol yang lebih banyak pada turnamen ini ketimbang Inggris --empat banding tiga-- dan Hallgrimsson mengatakan clean sheet pada Selasa dini hari nanti akan menempatkan mereka pada posisi bagus.

"Kami tidak takut pada pertarungan fisik. Anak-anak telah membuktikam mereka bisa melawan siapa saja di area itu. Kami mencetak gol pada semua laga oleh karena itu sekiranya kami bisa menghindarkan kebobolan dari Inggris, akan  bagus."

Lagerback memperkirakan Inggris akan banyak menguasai bola saat berlaga di Nice nanti. Pemenang laga ini sudah ditunggu tuan rumah Prancis pada perempatfinal.

"Pertandingan ini sepertinya akan sedikit tergantung kepada temperatur. Saya menantikan sesuatu seperti tiga pertandingan sebelumnya," kata Lagerback seperti dikutip Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016